“Kemendag Diminta Tertibkan Pertumbuhan Mini Market”

Selasa, 15 Februari 2011

“Kemendag Diminta Tertibkan Pertumbuhan Mini Market”


Kemendag Diminta Tertibkan Pertumbuhan Mini Market

Posted: 15 Feb 2011 06:04 AM PST

15 Februari 2011 | 20:49 wib

Jakarta, Cybernews. Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan meminta Kementerian Perdagangan segera menertibkan pertumbuhan mini market yang semakin tidak terkendali di seluruh Indonesia agar tercipta proses kompetisi yang sehat dengan para pengusaha kecil.

"Kemendag punya landasan UU Penanaman Modal untuk membenahi pertumbuhan mini market. Jika dibiarkan, ini akan mematikan para pengusaha kecil yang seharusnya justru mendapatkan proteksi," ujarnya saat dihubungi Suara Merdeka CyberNews, Selasa (15/2).

Menurut Taufik, selain UU Penanaman Modal, sebenarnya setiap daerah memiliki Perda mengenai pembangunan mini market atau swalayan, dimana diatur antara lain jarak terdekat diizikannya pembangunan minimarket ataupun swalayan dengan pasar-pasar atau warung-warung tradisional.

"Sekarang bukan hanya jarak antara pasar tradional dan minimarket ini saja yang dilanggar, namun juga jarak antara satu mini market dengan mini market lainnya juga seperti tidak diatur," ungkapnya.

Dia menambahkan, asosiasi pedagang kaki lima juga pernah mengeluhkan hal ini ke DPR, sehingga DPR akan mendukung langkah-langkah pemerintah pusat maupun daerah yang berniat menertibkan hal ini. "Jangan sampai pertumbuhan mini market ini di luar kendali, apalagi jika sampai ada mini market yang dibangun tanpa izin," imbuhnya.

Senada dengan Taufik, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Nawir Messi juga mengatakan bahwa pertumbuhan mini market memang sudah tidak terkendali. Namun, kewenangan untuk membenahi hal itu berada di pemerintah daerah, sementara Kemendag hanya bisa sebagai  koordinator.

"Wewenang mengenai mini market dan perizinannya ada di Pemda. Pemda lah yang memutuskan mengenai perizinan letak mini market, jam buka sampai jam berapa ataupun jenis produk apa yang bisa diperdagangkan. Seharusnya pembangunan dan perizinan mini market itu mengacu pada rencana tata ruang dan wilayah yang dimiliki Pemda," terang dia.

( Wisnu Wijanarko / CN27 / JBSM )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Diposkan oleh iwan di 13.31  

0 komentar:

Poskan Komentar