“MARTABAK MERCON,.. Mau...???”

Selasa, 05 Juli 2011

“MARTABAK MERCON,.. Mau...???”


MARTABAK MERCON,.. Mau...???

Posted: 05 Jul 2011 07:26 AM PDT

http://www.emoticonizer.comBeberapa waktu yang lalu, siank-siank, sambil beres-beres kamar kos, ada temen yang ngajak chatting. Temen lama bo',. Kenalnya aja udah dari SMP kelas satu, berarti kurang lebih sudah 10 tahun kita temenan. Whewww..
Awalnya ngobrol ngalor ngidul gak jelas (maaf kalo bahasanya rada' roaming), tapi akhirnya berujung pada doi ngajakin aku ke rumahnya. Lahh,. Tumbenn yak,. Ada apa gerangan??? Ternyata eh ternyata,, temen 'masa kecil'ku yang satu ini (kalo pengen tau orangnya klik DISINI ajahhh) belum lama memulai usaha baru, yaitu buka kedai atau warung atau tempat nongkrong atau apa aja deh sebutannya, yang jual Martabak Mercon.
Patut dicontoh ini saudara saudara yahh,. Masih muda sudah bisa buka usaha sendiri,. Selain memajukan perekonomian Negara, usaha semacam ini juga bisa menambah pemasukan bulanan, dan juga membuka lapangan kerja buat pemuda-pemudi yang lain *kok jadi ceramah ya aku???*
Oke, kembali ke martabak mercon. Well,. Kalo ada yang belum ngerti apa itu martabak, ini deh aku jelasin..

Oke, ini yang lebih ilmiah. Martabak manis itu, biasanya adonannya gak beda jauh sama kue, campuran tepung dan gula dan telur dan berbagai resep rahasia lainnya. Trus bikinnya di taruh di wajan bulet datar, yang diatasnya ditaburi berbagai macam pilihan rasa. Ada coklat meises, keju, susu kental manis, kacang, pisang, selai beranekarasa, dan lain sebagainya.
Kalo martabak asin, cara masaknya dengan di goreng di minyak panas. Jadi adonan 'pembungkus'nya (gak tau bahannya apa, tapi seperti ada tepung dan telurnya juga, tapi gak manis) dipipihkan, habis itu didalemnya diisi kocokan telur, potongan bawang prei, sama daging. Rasanya??? Gurih-gurih enyaaaakkk… hehe
Sudah paham dengan martabak???
Di Gresik, selain kedua martabak yang sudah aku sebutkan diatas, ada juga namanya Martabak Mie. Lah,. Apa lagi ini cobakkkk???
Tenang,.. tenang,..yahh,.. jadi martabak mie ini, sebenarnya adonannya sama dengan martabak asin, cara buatnya juga. Cumaaan, isinya gak pake daging, tapi diganti sama bihun yang sudah dimasak. Aku kurang tau, kalo didaerah lain ada ato gak, tapi seingatku, di Malang sih gak nemu makanan kayak beginian. Jadi ibaratnya kalo pulang kampung ke Gresik nih ya, martabak mie adalah salah satu jajanan wajib *disamping salad buah dan bakso. Hwehehehe..*
Woiiiii,.. Martabak Merconnya mana wooiiyy,.
Map sodara-sodara, itu tadi perkenalan. Kan tak kenal maka tak sayang, jadiii,. Sekarang aku akan bahas tentang MARTABAK MERCON. Yeeeeyyyyyyy #tepoktangan :D
Martabak mercon merupakan salah satu modifikasi dari martabak mie. Buat yang belum tau apa itu mercon, mercon adalah bahasa jawa *iya gak sihh??* dari petasan. Kalo petasan tau doonk, yang biasanya meledak-meledak ituu, yang sukaknya bikin orang jantungan, trus kaget kaget dan lain sebagainyaaa… tapi martabak ini bukannya bisa meledak-meledak juga sampe yang beli kabur, enggaaaakkk,.. ni maksudnya nama mercon itu artinya martabaknya ini super pedessss *ayo-ayo yang sukak pedes angkat tangan yahhhh*. Kata si empunya, nama "mercon" sendiri terinspirasi dari nama "bebek mercon". Aku gak tau tuh bebek pedes jugak ato gak, soalnya gak pernah nyobak. Tapi di Malang, ada namanya bakso mercon, dan dalemnya bakso itu memang isinya potongan cabe. Dan rasanya pedeeeessss bangeeeettttt…
Oke, balik lagi ke martabak mercon.
Ini 'penampakan' dari depan, lokasinya di Jl. Lamongan GKB, Gresik 61151
Disini, martabaknya sebenernya ada berbagai macam varian. Kalo isi utama, pastinya bihun sama telur. Kalo variannya, ada yang ditambah abon, sosis, cecek, tahu, atau usus ayam. Nahh,. Khusus yang martabak mercon ini, isinya adalah usus ayam yang dimasak pedas (kelihatan banget potongan cabenya kecil-kecil) ditambah lagi dengan sambel yang super pedes pastinya. Jadi, pedesnya dobel gitu deeeehh..
Mau tau cara buatnya??? Ini diaaaa…
Dan ini yang sudah jadiiii,… *selamat makaaaannnn :D*
Oia, di warung ini (aku kok jadi bingung ya, nyebutnya apa, warung, kedai, café???) disediain juga berbagai macam minuman instan, aku sih kemaren sambil nunggu pesanan pilih GoodDay Freeze. Plus,. *ada plusnya lagi niihhh*, di tempat jualannya ini, ada hot spot areanya yang tempatnya lumayan nyaman dan adem, dan ini FREE, khusus untuk pembeli martabak mercon. Kata si empunya lagi, fasilitas hot spot + minuman disini memang sengaja disiapkan untuk pembeli, sambil menunggu pesanan dibuatkan. Ehh?? Sampe segitunya emang?? Iyaaaaaa,. Bangeetttt. Habisnya orang disini kalo beli gak aturan. Ada sekali beli sampe belasan biji, bahkan puluhan. Kalo sudah kayak gitu, pasti bakalan lama. Maka dari itu, si empunya juga nyaranin,*nih si empunya baik banget ngasi tau melulu'* kalo emang mau beli, mending telpon ato sms aja dulu buat pesen, terutama pada jam-jam sibuk, misalnya sepulang sekolah, ato sore menjelang malam.
Oia, kemaren kan aku beli *beliii???* 8 biji, kukasih ke Mpus 2 biji (martabak usus ayam biasa), kakak 1 biji (martabak usus ayam jugak), tante (1) 1 biji (martabak isi sosis), tante (2) 1 biji (martabak isi tahu), dan sisanya aku (martabak isi usus ayam)*prasaan banyak banget yahh buat aku?? Ahaha,.. bodo' amat deh*, Dan ini tanggapannyaaa…
Mpus   : "enakk… pinter yah kamu,.." *sambil ngacungin jempol*. Maksudnya apa?? Entahlah. Biar aku saja yang tau. Hahaha..
Kakak  : "enak tuk,.. tapi kurang akehhhh" (enak tuk, tapi kurang banyak) *ni komennya lewat sms, soalnya habis kukasih martabaknya si kakak langsung pulang :p
Tante (1) : enak, tapi iya, kurang asin dikiiiittt,.. *soalnya denger komenku sebelumnya yang bilang, emang agak kurang asin dikiiitttt*, tapi overall enyaaakkkkk :D
Tante (2) : enak ya,. Gak asin.. *ni soalnya si tante darah tinggi, jadi malah senengs bangets kalo ada makanan yang gak asin. Hahaha..*

Aku : Martabaknya enak, pedesnya kerasa, cuma emang kurang asin dikiiittt,..tapi kalo yang martabak isi tahu enak bangettttt *sempet nyobak punya tante dikit*. tempatnya bersih, hot spot areanya nyaman, pokoknya enak dehhh.. mau lagi kalo besok pulang ke Gresik lagiiiii :D

Pengen nyobak juga??? Langsung aja mampir kesiniii,.
Ato bisa telpon/sms dulu disiniiiii..

Buat temen-temen lain yang diluar Gresik, boleh deh kapan-kapan main ke Gresik trus nyoba'in nih martabak. Kalo pengen tau info yang lebih lengkap,. langsung klik aja FANPAGE FACEBOOKnya MARTABAK MERCON disini!!!
kemarin belum sempat nyobak yang martabak merconnya, habis kata si empunya *lagi*, ntar kuatir aku kepedesan. Jadinya beli yang martabak usus ayam biasa. Tapi emang yang biasa aja udah pedes banget kokk. Gimana yang pake ditambah sambel yak??? Hhmm,. Kapan-kapan deh kucoba. 
Well,. Ini ceritaku, apa ceritamu??? *yak,. Saya mulai kemakan iklan >,<*
http://www.emoticonizer.com

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Diposkan oleh iwan di 13.54  

0 komentar:

Poskan Komentar