“Buka Program S-2 Bidang UMKM, Unpad Gandeng Belanda”

Selasa, 20 September 2011

“Buka Program S-2 Bidang UMKM, Unpad Gandeng Belanda”


Buka Program S-2 Bidang UMKM, Unpad Gandeng Belanda

Posted: 20 Sep 2011 12:45 AM PDT

BANDUNG - Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung membuka Program Magister Integrated Microfinance Management (M.IMM). Program tentang pembiayaan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) ini secara resmi dibuka oleh Menteri Koperasi KUKM, Syarif Hasan.

Program ini diklaim Unpad sebagai program studi pertama di dunia yang mendalami UMKM sekaligus melibatkan berbagai disiplin ilmu, seperti sosial, kesehatan, pendidikan, dan komunikasi.

Program tersebut dibuka berkat hasil kerja sama Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi (MM FE) Unpad dengan The Leiden Ethnosystems and Development Programme (LEAD) Leiden University, Belanda.

"Dibukanya program M.IMM Unpad akan berdampak kepada pelaku koperasi dan UMKM, terutama dalam membantu program memerangi kemiskinan," kata Syarif, dalam sambutan pembukaan Official Grand Opening of The Master Course on Integrated Microfinance Management (M IMM) di Aula Unpad Bandung, Senin (19/9).

Pembukaan program ini juga dihadiri Rektor Unpad Ganjar Kurnia dan perwakilan dari Leiden University, yaitu Prof Jan Slikkerveer dan L.E.H.Vredevoogd.

Ganjar menjelaskan, program M.IMM FE Unpad yang mulai dibuka September ini bergerak di bidang pembiayaan terhadap pelaku UMKM dan koperasi yang dilatarbelakangi karena pentingnya peran UMKM dan koperasi yang berandil besar terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia.

Ganjar mengungkapkan, program ini mendapat dukungan dari anggota International Consortium for Integrated Microfinance Management (CIMM), Gema PKM Indonesia, dan MAICh Yunani, dan Kementerian Perekonomian Belanda (EVD/NDF). "Program ini diharapkan bisa diikuti para pelaku UMKM," harapnya.

Tujuan dibukanya program tersebut untuk melatih manajemen integrasi keuangan mikro yang akan menjadi perwakilan di pemerintahan, LSM, dan Lembaga Keuangan Mikro.

"Sehingga bisa memberi keahlian profesional untuk mengelola pelayanan keuangan yang terintegrasi. Dengan begitu akan menghasilkan manajer keuangan mikro terintegrasi hingga berkontribusi kepada pemberantasan kemiskinan," paparnya.  

Dekan FE Unpad Ernie Tisnawati Sule menambahkan, saat ini program M.IMM sudah berjalan dan baru diikuti sembilan mahasiswa. Lama studi selama empat smester untuk program master dan 12 bulan untuk program magister.

"Menurut Prof Jan Slikkerveer dan L.E.H.Vredevoogd, program terintegrasi Unpad ini memang baru pertama di dunia," kata Ernie.

Sebab, program pembiayaan UMKM ini melibatkan multi disiplin ilmu seperti FISIP, psikologi, peternakan, pertanian, kedokteran, dan lainnya. Semua disiplin ilmu tersebut berusaha menawarkan solusi bagi pembiayaan UMKM.(rhs)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Diposkan oleh iwan di 13.03  

0 komentar:

Poskan Komentar