“Budidaya Lele Sangat Menjanjikan - Inilah.com”

Minggu, 30 Oktober 2011

“Budidaya Lele Sangat Menjanjikan - Inilah.com”


Budidaya Lele Sangat Menjanjikan - Inilah.com

Posted: 30 Oct 2011 10:50 AM PDT

INILAH.COM, Sagulung - Budidaya lele di Batam merupakan peluang usaha baru yang diharapkan mampu menyerap banyak tenaga kerja dan bisa mengurangi angka pengangguran di kota industri ini.

Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan hal itu kepada wartawan di sela-sela pembukaan bazar lele yang dilakukan Paguyuban Pembenih Ikan Lele Batam bekerjasama dengan Pemko Batam, Minggu (30/10) di Fasum RW I Pasar Sagulung.

Kata Dahlan, peluang usaha lele masih sangat terbuka lebar karena kebutuhan akan ikan lele masyarakat Batam ini cukup tinggi. Sementara kelompok budidaya ikan lele yang ada belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga sebagian kebutuhan masih dipasok dari luar.

"Budidaya lele cukup menjanjikan di Batam, karena kebutuhan kita besar. Sehingga sangat terbuka untuk membuka peluang usaha baru di sektor ini," ujar Dahlan.

Dengan pelaksanaan bazar lele, kata Dahlan, diharapkan mampu mendongkrak produksi lele di Batam, sehingga kedepan kebutuhan ikan lele untuk masyarakat Batam dapat tercukupi dari hasil budidaya yang dilakukan oleh kelompok-kelompok budidaya yang ada di Batam.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Bazar, Ray Stefan mengatakan bazar tersebut untuk mempromosikan hasil budidaya lele lokal oleh peternak Batam dan juga sebagai ajang silaturahmi sekaligus bertukar informasi mengenai budidaya lele di Batam.

"Mudah-mudahan ajang ini bisa dimanfaatkan oleh teman-teman peternak sebagai ajang yang positif untuk mempromosikan hasil budidaya mereka dan juga bisa saling berbagi informasi sesama peternak sebagai upaya perbaikan kedepan," ujarnya saat ditemui disela-sela pembukaan bazar lele yang pertama kali dilakukan di Batam. Bazar ini digelar selama dua hari (Minggu-Senin) besok.

Selain bursa penjualan ikan lele lokal Batam, acara bazaar ini juga diisi beberapa kegiatan diantaranya penjualan bibit lele, bazaar makanan olahan dari ikan lele, penyuluhan budidaya lele dan hiburan rakyat. Acara ini akan di buka langsung oleh Walikota Batam Ahmad Dahlan dan dihadiri muspida se Kota Batam.

Sebelumnya, Pemko Batam melalui Dinas Kelautan Perikananan Peternakan dan Kehutanan (KP2K), Suhartini mengatakan kebutuhan lele di Batam mencapai 20 ton setiap harinya. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Batam pernah melakukan impor lele dari Malaysia tapi setahun terakhir impor dihentikan dan pemerintah konsen mengembangkan budidaya lele melalui kelompok-kelompok tani dampingi KP2K.

"Impor lele telah kita hentikan, semoga kelompok budidaya yang ada bisa memenuhi kebutuhan lokal kita," ujarnya. [mor]

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.22  

0 komentar:

Poskan Komentar