“Baru, IPB Buka D-3 Jurusan Jamu”

Rabu, 02 November 2011

“Baru, IPB Buka D-3 Jurusan Jamu”


Baru, IPB Buka D-3 Jurusan Jamu

Posted: 31 Oct 2011 10:38 PM PDT

JAKARTA - Jamu sebagai warisan nenek moyang Indonesia, wajib dijaga kelestariannya. Untuk itu, Institut Pertanian Bogor (IPB) akan membuka program diploma (D-3) Supervisor Jaminan Mutu Obat Tradisional (Jamu) & Farmasi Bahan Alam.

Hal ini dilakukan IPB dalam rangka mendukung Pengembangan Jamu 2011-2015 dalam sektor informal dan formal. Demikian disampaikan Kepala Pusat Studi Biofarmaka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB Lathifah K Darusaman dalam Lokakarya Kurikulum Program Keahlian Supervisor Jaminan Mutu Obat Tradisional dan Program Keahlian Farmasi Bahan Alam.

"IPB ingin berkontribusi dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, khususnya dalam pengawasan produk berbasis bahan alam. Serta produksi dan budi daya tanaman obat menjadi produk obat alami yang berkualitas dan berdaya saing tinggi," ujar Lathifah seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Selasa (1/11/2011).

Direktur Program Diploma IPB, Zairin Junior mengungkapkan, pembukaan program ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap bekerja di Industri Obat Tradisional (IOT), Industri Kecil Obat Tradisional (IKOT), home industri obat tradisional, Industri farmasi maupun sebagai mitra pemerintah dalam pengawasan produk obat tradisional.

"Sasarannya, para pelaku usaha yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha (GP) Jamu, karyawan maupun siswa dengan tingkat pendidikan minimal SMA atau sederajat yang tertarik dengan menggeluti IOT dan IKOT, serta para pelaku (petani) budi daya tanaman lokal," kata Zairin menjelaskan.

Sementara Ketua Gabungan Pengusaha Jamu (GP Jamu), Charles Saerang yang hadir dalam kesempatan tersebut menyatakan, sangat penting agar keterampilan komunikasi ditambahkan dalam kurikulum.

"Kemampuan komunikasi penting agar para lulusannya nanti bisa diharapkan menjadi konsultan untuk industri-industri jamu di Tanah Air," jelasnya.
 
Modal dasar yang telah dimiliki  IPB untuk pengembangan program D-3 tersebut, yakni kebun percobaan Pusat Studi Biofarmaka di Cikabayan seluas tiga hektare, laboratorium kimia di Pusat Studi Biofarmaka yang sudah dalam tahap akhir untuk proses akreditasi internasional, staf pengajar yang meliputi dosen dan peneliti Pusat Studi Biofarmaka.(rhs)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.05  

0 komentar:

Poskan Komentar