“Kadin Jateng Akan Buka Ruang Pamer di Amerika dan Australia”

Rabu, 21 Desember 2011

“Kadin Jateng Akan Buka Ruang Pamer di Amerika dan Australia”


Kadin Jateng Akan Buka Ruang Pamer di Amerika dan Australia

Posted: 21 Dec 2011 01:36 AM PST

image

PAMERAN: Ketua Kadin jateng Kukrit Suryo Wicaksono didampingi Bupati Danar Rahamanto dan Ketua Kadin Wonogiri H Rubiyanto ST, menyaksikan gelar pamer produk unggulan, Rabu (21/12). (suaramerdeka.com / Bambang Purnomo)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Dalam upaya membuka jaringan dan mencarikan terobosan perluasan pasar, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Jateng, tahun depan akan membuka ruang pamer produk unggulan di Amerika dan Australia. Bersamaan itu, di tahun 2012 nanti, Kadin Jateng juga akan melakukan promosi besar-besaran ke manca negara.

Demikian dikemukakan Ketua Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono, Rabu (21/12), saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wonogiri. Dalam kunjungannya itu, Kukrit bersama rombongan, berkenan menyaksikan pameran produk unggulan Kabupaten Wonogiri, yang digelar di halaman sisi timur Kantor Kabupaten Wonogiri.

Usai menyaksikan gelar pameran aneka produk komoditas unggulan Kabupaten Wonogiri, Kukrit yang baru lima bulan menjabat sebagai Ketua Kadin Jateng ini, berkenan memberikan sambutan di acara workshop pengembangan dan peningkatan daya saing bagi UMKM (Usaha Menangah Kecil dan Mikro) di ruang data Pemkab Wonogiri.

Kukrit menambahkan, berbicara masalah pengembangan UMKM, kiranya tidak terlepas dari tiga pilar yang mampu mendukungnya. Ketiga pilar itu terdiri atas institusi pemerintah, organisasi asosiasi pengusaha dan sektor perbankan.

"Jangan sampai perbankan hanya terhenti memberikan janji-janji saja. Janji itu mudah, tapi realisasinya yang ditunggu. Bukankah betul begitu bapak ibu ?," ujar Kukrit, yang disambut jawaban serentak ''betul'' disertai tepuk riuh hadirin.

Bupati Danar Rahmanto, menyatakan, Kabupaten Wonogiri sebenarnya banyak memiliki potensi produk unggulan berkualitas sebagai komoditas ekspor. "Tapi ini terkendala kesulitan untuk memasarkannya. Hal ini terkait dengan tidak dimilikinya network atau jaringan niaga pemasarannya. Sebagai produsen memang mahir membuat barang, tapi terkendala kesulitan memasarkannya," ujarnya.

Danar membenarkan ucapan Kukrit, bahwa kekuatan riil perekonomian ditopang 75 persen dari UMKM. Karena itu, pria yang dulu menjabat sebagai Ketua HIPMI Wonogiri dan Ketua Organda ini, berharap banyak terhadap kiat Kadin Jateng, yang akan mempromosikan dan membukakan jaringan perluasan pasar dagang ke luar negeri.

( Bambang Purnomo / CN26 / JBSM )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.05  

0 komentar:

Poskan Komentar