“SD Hang Tuah 10 Buka Kantin UKS dan Kejujuran”

Sabtu, 10 Desember 2011

“SD Hang Tuah 10 Buka Kantin UKS dan Kejujuran”


SD Hang Tuah 10 Buka Kantin UKS dan Kejujuran

Posted: 10 Dec 2011 03:11 AM PST

SIDOARJO - Sekolah Dasar Hang Tuah 10 Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur menggalakkan Kantin Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Kejujuran. Meski hal serupa di sekolah-sekolah yang sebelumnya digalakkan kini berguguran.
 
Berdirinya Kantin UKS dan Kejujuran itu sekaligus memperingati Hari Antikorupsi se-Dunia. "Hari ini prasasti Kantin UKS dan Kejujuran ditandatangani oleh Sekdaprov Jatim, Rasio," ujar Kepala Sekolah SD Hang Tuah 10, Marsudi, Sabtu (10/12/2011).
 
Marsudi mengatakan, berdirinya Kantin UKS dan Kejujuran melengkapi program sekolah. Apalagi, kini SD Hang Tuah 10 Juanda dinobatkan sebagai sekolah sehat percontohan Nasional.
 
Predikat ini diraih dalam lomba UKS yang melibatkan beberapa kementerian, salah satunya Kementerian Pendidikan. "Kita menjadi sekolah sehat percontohan nasional. Jadi harus banyak berinovasi dalam hal kesehatan," imbuh Marsudi.
 
Marsudi mengaku, khusus untuk Kantin UKS dan Kejujuran memang baru diujicobakan sepekan. Sejauh ini siswa menaati aturan yang diberlakukan. Dia juga optimistis, siswanya yang berjumlah 1.300 akan anak mendukung Kantin UKS dan Kejujuran.
 
Selain berbagai jenis makanan sehat yang sudah ada sertifikasi dari Dinas Kesehatan, pengelola kantin juga menyediakan bank sekolah tempat menukarkan uang jika ingin membeli makanan sesuai harga yang ditetapkan.
 
Mahmudah, pengelola Kantin UKS dan Kejujuran SD Hang Tuah 10 Juanda mengatakan, bank sekolah disiapkan di dekat deretan jajanan. Siswa tinggal melihat harga jajanan, jika uangnya perlu dipecah langsung ditukar di bank sekolah berupa boks penukaran uang.
 
Setelah menukarkan uang, siswa kemudian mengambil jajanan dan memasukkan uang pembelian ke dalam kotak yang mirip kotak amal. "Kami ujicobakan sepekan ini. Tenyata uang pembelian malah lebih, mungkin siswa membayar lebih," ujar Mahmudah.
 
Makanan atau jajanan yang dijual di Kantin UKS dan Kejujuran berada di dalam kompleks sekolah tidak mengandung bahan pengawet. Sehingga, makanan tersebut aman bagi siswa. Selain sehat, dibukanya kantin ini juga memberi pelajaran kepada siswa pentingnya kejujuran. "Ini saya tukarkan dulu uangnya biar bayarnya pas," ujar Zahra, salah satu siswa saat membeli makanan di Kantin UKS dan Kejujuran.
 
Baik Marsudi maupun guru SD Hang Tuah lainnya optimistis, Kantin UKS dan Kejujuran itu akan bisa bertahan meski di sekolah lain kantin kejujuran banyak yang bertumbangan. "Kami optimis siswa di sini jujur, meski tidak ada yang jaga tapi mau bayar makanan yang dibeli," tandas Marsudi.
 
Pembina UKS Jatim Susanto yang mendampingi Rasio mengatakan, SD Hang Tuah menjadi sekolah sehat percontohan nasional bukan hanya kebanggaan. Namun, bisa dicontoh oleh sekolah-sekolah lain untuk menerapkan pola lingkungan sehat di sekolah.
 
"Bukan hanya di areal sekolah, seperti kamar mandi harus bersih, ruangan harus terang. Tapi lingkungan sekolah radius 500 meter dari sekolah juga harus sehat," ujar pria yang akrab disapa Eyang Santo tersebut.

(Abdul Rouf/Koran SI/abe)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.36  

0 komentar:

Poskan Komentar