“Inilah Tips Wirausaha Ala Hatta - Republika Online”

Minggu, 15 April 2012

“Inilah Tips Wirausaha Ala Hatta - Republika Online”


Inilah Tips Wirausaha Ala Hatta - Republika Online

Posted: 15 Apr 2012 09:52 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA –-  Tak ada kesuksesan tanpa kerja keras dan mimpi. Ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga pengusaha mengatakan tak memiliki modal bukan penghalang dalam berwirausaha.

"Selalu ada orang-orang yang mau bersinergi mengembangkan usahanya dengan kita. Bersinergi, bukan ber-charity karena sekecil apapun kita akan memberikan kontribusi," ujar Hatta saat memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam pelatihan wirausaha '60 Hari Buka Usaha Baru', Ahad (15/4).

Hatta mengatakan, untuk menjadi wirausaha harus ditanamkan sifat pemberani. Ia mengungkapkan tak ada jalan lunak untuk mencapai kesuksesan dan seringkali sukses harus ditembuh dengan berbagai macam kegagalan. "Pengusaha itu bukan untuk orang yang jiwanya pengecut," lanjut Hatta.

Mimpi juga sangat penting dalam menggapai kesuksesan dalam berwirausaha. Hatta menceritakan kisah hidup Steve Job, CEO Apple yang kematiannya begitu ditangisi dunia.

Menurut Hatta, dunia berduka atas kematian Steve Job bukan karena kehilangan seseorang yang bisa menciptakan dan menjual produk yang luar biasa. Namun, Steve Job begitu dicintai karena ia bisa menginsiprasi ribuan pemuda untuk bermimpi menjadi orang sukses.

Kreatif dan inovatif menjadi hal yang tak bisa dilepaskan dari kesuksesan berwirausaha. Orang kreatif, kata Hatta harus belajar dari kegagalan orang lain dan bisa mencontoh keberhasilan orang lain untuk diterapkan pada dirinya. Hatta menambahkan bahwa rasa syukur, setia kawan dan menghargai karya orang lain tak kalah penting untuk mencapai kesuksesan.

Hatta menekankan bukan kekayaan orang tua yang bisa menjadikan seseorang sukses dalam berwirausaha. "Bukan harta orang tua yang buat kita berhasil. Mereka bisa membantu tapi kunci keberhasilan terletak pada apa ayng dimiliki sendiri dan bisa dikembangkan," ungkapnya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.26  

0 komentar:

Poskan Komentar