“Sabah-Malaysia Buka Peluang Usaha Pengusaha Jateng”

Rabu, 04 April 2012

“Sabah-Malaysia Buka Peluang Usaha Pengusaha Jateng”


Sabah-Malaysia Buka Peluang Usaha Pengusaha Jateng

Posted: 04 Apr 2012 07:32 AM PDT

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sabah salah satu kota di Malaysia membuka peluang usaha bagi pengusaha di wilayah Jawa Tengah. Yaitu, melalui rencana pameran bisnis dan perdagangan internasional di Sabah bertajuk Sabah International Expo 2012 yang berlangsung 21-24 September mendatang.

Consulate General of The Republic of Indonesia Kota Kinabalu, Ema Noviana menuturkan, Committee Sabah International Expo 2012 membuka kesempatan kepada sejumlah pelaku usaha Jateng melalui pameran bisnis tersebut. Kegiatan ini untuk membuka dan meningkatkan perdagangan Indonesia menuju Sabah-Malaysia. Menurut Ema, potensi pasar di Sabah terbuka lebar. Perkembangan ekonomi di kota tersebut berkembang cukup pesat dengan penduduk berjumlah tiga juta jiwa.

''Produk rasa Indonesia propeknya sangat bagus di kota Sabah. Selama ini sebagian besar produk Indonesia seperti furnitur dan handicraft diminati masyarakat Sabah. Dengan pameran ini diharapkan membuka peluang pengusaha Jateng untuk ekspansi kesana,'' katanya saat Business Meeting Sabah International Expo 2012, di ruang Astoria, Hotel Dafam Semarang Rabu (4/4).

Principal Assistant Director Head of Investment Promotion Section, Tseu Kei Yue mengatakan, ajang ini mendapatkan dukungan dari kerajaan Malaysia yang selama ini berlangsung sejak tahun 2003 serta diselenggarakan setiap dua tahun sekali di Sabah. Animo masyarakat Sabah sendiri, kata dia, sangat tinggi terhadap aneka produk dari beberapa negara yang mengikuti pameran tersebut. Sejumlah negara yang sering mengikuti ajang bisnis itu diantaranya Cina, Afrika Selatan, Austria, Swis, Filipina, Jepang dan Singapura.

Pencapaian transaksi selama pameran, lanjut Tseu didampingi Committee SIE 2012 Richard Lim, selalu mencapai angka fantastis. Tahun 2010 lalu, nilai transaksi mencapai 12,4 juta ringgit. Adapun beberapa komoditas yang dipamerkan seperti kelapa sawit, otomotif, jasa, produk kesehatan dan manufaktur. Tersedia 370 stand dengan estimasi jumlah pengunjung mencapai 45.000 pengunjung.

Rini Wahyu Hariyani dari Riwani Globe yang juga sebagai anggota Kadin Jateng menyatakan siap menjembatani pelaku usaha Jateng yang berminat mengikuti pameran SIE 2012 di Sabah Malaysia. ''Ini adalah kesempatan emas bagi pengusaha Jateng untuk memasarkan produk mereka ke negara tetangga. Peluang usaha di Sabah masih terbuka lebar. Untuk itu, kesempatan ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya,'' terangnya.

Bagi pelaku usaha yang berminat, bisa mendaftar ke kantor Riwani Globe di Jalan Puri Anjosmoro F-1 Nomor 15A Semarang nomor telepon (0247622948). Untuk pendaftar yang melakukan konfirmasi paling cepat tersedia diskon 10%. Peserta dari Jateng pun, lanjut Rini mendapat banyak keistimewaan. Yaitu setiap 10 stand memperoleh gratis kontainer pengiriman untuk mengangkut produk mereka menuju Sabah. Tersedia 10-20 stand untuk pengusaha Jateng, sisanya diperuntukkan bagi pengusaha Jakarta dan Jogjakarta.

( Fista Novianti / CN34 / JBSM )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.09  

0 komentar:

Poskan Komentar