“SMKN I Sale Buka Unit Produksi Perakitan Laptop - Suara Merdeka CyberNews”

Minggu, 01 April 2012

“SMKN I Sale Buka Unit Produksi Perakitan Laptop - Suara Merdeka CyberNews”


SMKN I Sale Buka Unit Produksi Perakitan Laptop - Suara Merdeka CyberNews

Posted: 01 Apr 2012 11:37 AM PDT

REMBANG - SMK Negeri I Sale membuka unit produksi penjualan dan perakitan laptop hasil karya siswa. Pembukaan unit usaha baru itu kemarin siang ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara SMK Negeri I Sale dengan PT Intech Anugerah Indonesia selaku produsen laptop merk Advan. Selain itu, SMK Negeri I Sale dan PT Intech Anugrah Indonesia kemarin juga menggelar pelatihan perakitan laptop yang diikuti oleh 34 siswa SMK.

Kepala SMK Negeri I Sale  Wiyono SPd mengatakan unit produksi penjualan laptop yang dikelola oleh siswa itu merupakan unit produksi kedua. Sebelumnya sudah ada unit produksi video shooting dan digital printing yang mendapatkan respon bagus dari masyarakat. "Kami berharap tambahan unit produksi baru ini akan semakin memperkaya wawasan siswa dalam bidang kewirausahaan dan dunia kerja,'' terang dia.

Dia menambahkan SMK Negeri I Sale menerapkan prinsip learning by doing. Sekolah menekankan siswa belajar sembari latihan bekerja.

"Ke depan akan dikembangkan perakitan mobil. Khususnya bagi siswa jurusan Otomotif/Teknik Kendaraan Ringan,'' jelasnya.

Pimpinan Proyek Perakitan Laptop Advan SMK untuk Karesidenan Pati Nur Kholis SE mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh pada sekolah dan siswa dalam mengembangkan jiwa usaha siswa melalui unit produksi dan perakitan produk Advan. Tak hanya itu tetapi juga memberikan pelatihan perakitan dan trouble shooting laptop secara penuh kepada siswa.

"Harapannya, dari kegiatan ini, siswa bisa memiliki pendapatan asli siswa (PAS). Syukur dari PAS itu bisa digunakan siswa untuk tambahan biaya sekolah ataupun uang saku,'' kata dia.

Salah satu siswa kelas XI SMK Negeri I Sale Nur Alimah mengaku awalnya ragu dan takut untuk memperbaiki laptop. Namun setelah mengikuti pelatihan perakitan laptop dia sekarang sudah berani untuk membuka dan merakit kembali laptop. (H19-91)

(/)

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.23  

0 komentar:

Poskan Komentar