“Wakil Rakyat Buka Usaha Demi Konstituen - Tribunnews”

Rabu, 18 April 2012

“Wakil Rakyat Buka Usaha Demi Konstituen - Tribunnews”


Wakil Rakyat Buka Usaha Demi Konstituen - Tribunnews

Posted: 18 Apr 2012 12:07 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Anggota DPRD di Sulawesi Utara (Sulut) punya banyak kiat, demi memenuhi proposal permintaan dana dari konstituen yang cukup menguras pendapatan mereka.

Dari banyak kiat, yang paling fundamental dan terbanyak dipilih adalah membuka usaha mandiri, agar asap dapur tetap mengepul.

"Tidak cukup kalau hanya mengandalkan gaji saya sebagai anggota dewan. Makanya istri saya buka toko, berjualan kecil-kecilan untuk membantu saya memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujar anggota DPRD Kota Manado Sultan Udin Musa, Minggu (15/4/2012).

Ketua Komisi A DPRD Manado mengaku, gajinya sebagai wakil rakyat tidak cukup untuk mengabulkan permintaan dana dari masyarakat yang masuk hampir setiap hari.

Dalam sebulan, Udin rata-rata menerima 20 proposal. Apakah Udin semata-mata mengandalkan usaha toko milik istrinya? Ternyata tidak. Udin Musa masih punya usaha lain, namun ia enggan menjelaskan detailnya.

Berkat usaha mandiri tersebut, Udin bisa mengabulkan permintaan dana dari konstituen, baik untuk pembangunan rumah ibadah, sekolah, maupun keperluan pribadi seperti pernikahan, biaya rumah sakit, dan lainnya. Udin memiliki seorang istri dengan lima anak yang masih sekolah.

Dukungan istri menopang ekonomi keluarga juga diakui anggota DPRD Sulut Victor Mailangkay. Latar belakang keluarga Mailangkay termasuk kalangan menengah.

Sebelum menjadi anggota dewan, ia PNS aktif. Demikian pula dengan istrinya, yang menjadi dekan sebuah perguruan tinggi negeri di Manado. Mailangkay punya tiga anak, satu sarjana,  satu masih mahasiswa, dan anak bungsu di bangku SMA.

Ada pula legislator dari kalangan petani. Lexy Solang, anggota dewan dari dapil Minut, Mitra, dan Minsel, tetap menekuni pekerjaannya sebagai petani.

Ia memiliki kebun tomat dan semangka. Uang hasil pertanian ia gunakan untuk membantu konsituen yang membutuhkan. Solang beristrikan seorang pendeta, keduanya saling menopang perekonomian keluarga. Ia memiliki dua putra, anak sulung kelas 2 SMA, dan yang bungsu kelas 5 SD. (*)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.45  

0 komentar:

Poskan Komentar