“Dijamin Dapat Pinjaman Tanpa Bunga Tanpa Agunan (PTBTA), USPI Buka ... - Seruu Barometer Berita Terkini”

Senin, 21 Mei 2012

“Dijamin Dapat Pinjaman Tanpa Bunga Tanpa Agunan (PTBTA), USPI Buka ... - Seruu Barometer Berita Terkini”


Dijamin Dapat Pinjaman Tanpa Bunga Tanpa Agunan (PTBTA), USPI Buka ... - Seruu Barometer Berita Terkini

Posted: 21 May 2012 09:49 AM PDT

Foto Ilustrasi

Jakarta, Seruu.com - Usaha Sosial Produktif Indonesia (USPI) meluncurkan program baru bertajuk Master-g Uspi2gether, yang akan menghimpun 8000 pedagang dengan menyerap sekitar 1,6 juta konsumen. Master-g Uspi2gether adalah wadah penggalangan dan keterpaduan empat komponen pelaku utama ekonomi, yakni produsen, pedagang, konsumen dan pekerja.

Para pengangguran juga mendapat kesempatan bekerja sebagai pedagang dalam wadah ini. Keempat kelompok masyarakat itu akan menerima Pinjaman Tanpa Bunga Tanpa Agunan (PTBTA) dari USPI minimum sebesar Rp24 juta/tahun, agar perputaran usaha berjalan lancar.

Ketua Umum USPI Prof. Dr. Mudito Samsunarto mengatakan, peluncuran Master-G Uspi2gether dilakukan pada hari ini, berkaitan dengan ulang tahun USPI ke-13 sebagai lembaga Koperasi. Juga bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional, agar menjadi pendorong bangkitnya  ekonomi nasional.

"Saat ini,Koperasi Usaha Sosial Produktif Indonesia (USPI), hendak menjadikan semangat kebangkitan nasional itu sebagai momentum kebangkitan sosial ekonomi bangsa Indonesia melalui penggalangan kebersamaan  keempat komponen utama pelaku sosial ekonomi. Komponen dimaksud adalah para produsen, pedagang, konsumen dan para pekerja," Papar Mudito kepada wartawan, Minggu (20/05/2012) kemarin.

"Kegiatan menggalang keempat komponen tersebut untuk berinteraksi saling mendukung satu sama lain,  terwadahi dalam induk penggalangan kebersamaan melakukan usaha sosial produktif Indonesia yang disebut "MASTER-G USPI2GETHER," Lanjut dia.

Interaksi keempat komponen utama yang saling mendukung di dalam jejaring USPI dalam wadah MASTER-G USPI2GETHER merupakan kekuatan baru yang menjamin kemudahan tercapainya  kesejahteraan sosial eknomi bangsa Indonesia.

Dikatakan kekuatan baru, karena maksud dan tujuan Master-G Uspi2Gather adalah menguatkan pemasaran produsen IKM; memberdayakan pedagang UMKMK (Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi); meningkatkan daya beli masyarakat konsumen; dan menanggulangi pengangguran.

Pokok Kegiatan Master-G Uspi2gether adalah menyalurkan Pinjaman Tanpa Bunga Tanpa Agunan (PTBTA) sebesar minimum Rp24 juta pertahun kepada keempat kelompok pelaku ekonomi dimaksud. Setiap produsen mendapat pinjaman PTBTA untuk promosi bergaransi, dan USPI menjamin produknya laku. Demikian juga pedagang mendapat PTBTA agar dapat membeli barang dagangan sekaligus dapat menjualnya kepada konsumen. Konsumen pun demikian juga, dengan mendapatkan pinjaman PTBTA 24 juta/tahun, mereka dapat belanja di toko-toko jejaring USPI.

Dalam rangka usaha dan upaya menanggulangi pengangguran, USPI juga memberikan fasilitas pinjaman (PTBTA) kepada 8.000 pengangguran (dari berbagai daerah), yang akan dibina untuk menjadi pedagang produk INMARS (produk IKM). Setiap pengangguran binaan USPI akan diberikan modal untuk berdagang berupa fasilitas pinjaman (PTBTA). Pada tahap awal masing-masing akan mendapat pinjaman (PTBTA) @ Rp.24 Juta/tahun.

Pinjaman tersebut hanya bisa digunakan untuk belanja barang dagangan produk INMARS (Produk IKM) di MASTER G USPI2Gether. Saat ini, kesempatan menjadi pedagang sangat terbuka luas dan dijamin juga dapat pinjaman tanpa bunga tanpa agungan.

Program USPI sebagaimana dikemukakan di atas, terkait erat dengan ketahanan suatu bangsa. Masyarakat peserta program USPI diharapkan tak lagi berebut sumber daya yang biasanya menjadi pemicu konflik sosial. Demikian juga pengangguran yang berhasil dibina oleh USPI sebagai pedagang, akan mengurangi konflik social, dan terwujud ketahanan
nasional.

Dalam acara peluncuran ini juga ditandatangani kontrak co branding Bank Perkredita Rakyat DFG (Dian Faraqo Gemilang) di kartu balecard ATM USPI di Bank Muamalat. Juga penandatanganan kerjasama antara USPI dengan MNC Life untuk perlindungan kesehatan. Hadir juga dalam acara ini adalah Perwakilan UNDP (United Nation Development Program) AW. Karoko, yang juga memberikan sambutan.

Ia tegaskan bahwa system USPI ini adalah hasil penelitian yang ilmiah sehingga jauh dari penipuan, justru karena adanya system saling terpadu dan membantu di antara keempat kelompok masyarakt (Produsen, pedagang, konsumen dan pekerja/pengangguran), maka system ini sangat logis. Nama sistemnya adalah Mutually Support System. [Pri]

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.42  

0 komentar:

Poskan Komentar