“Hatta Rajasa: Potensi Ekonomi di Papua Besar - Tribunnews”

Minggu, 27 Mei 2012

“Hatta Rajasa: Potensi Ekonomi di Papua Besar - Tribunnews”


Hatta Rajasa: Potensi Ekonomi di Papua Besar - Tribunnews

Posted: 27 May 2012 07:22 AM PDT

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA–  Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan besar potensi ekonomi di Papua. Karenanya, ini harus mampu dinikmati  masyarakat Papua sendiri.

Namun untuk dapat mewujudkan hal tersebut tentunya dibutuhkan masyarakat atau generasi muda yang bisa berusaha sehingga tidak hanya sebagai konsumen saja.

Melihat kondisi ini, imbuhnya, PAN mengajak masyarakat Papua untuk bisa mandiri dalam bidang ekonomi. Melalui program pemberdayaan ekonomi meluncurkan program pelatihan kewirausahaan yang akan melibatkan generasi muda usia 17 hingga 25 tahun.

Karena menurut Hatta, survei konsumen yang dilakukan Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik beberapa waktu lalu menunjukkan ekspektasi masyarakat terhadap kinerja ekonomi Papua dan Papua Barat masih tinggi. Tiga indikator, yaitu indeks keyakinan konsumen (IKK), indeks kondisi ekonomi (IKE) , dan indeks ekspektasi konsumen (IEK), yang dilihat di dua kota, yaitu Manokwari dan Jayapura, menunjukkan angka di atas seratus.

Lebih lanjut, Hatta Rajasa mengatakan berdasarkan data dari Bank Indonesia perolehan angka di atas seratus menunjukkan bahwa konsumen merasa lebih optimistis terhadap kondisi yang akan datang. Secara umum, rata-rata IKK di kedua kota itu mencapai 142,10. Selain itu, indeks kondisi ekonomi di kedua kota itu juga menunjukkan angka yang baik, yaitu 134,07.

Atas hasil tersebut, Hatta Rajasa mengatakan program PAN ini merupakan bentuk pertanggungjawaban partai kepada masyarakat. Rencananyanya program ini akan di gulirkan diseluruh pelosok Indonesia hingga ke daerah terpencil.

"Dalam program ini generasi muda tidak hanya diberikan modal awal untuk usaha tetapi juga mendapatkan pelatihan yang cukup dari kalangan dunia usaha hingga mereka mampu mengembangkan usahanya,"jelas Hatta, Minggu (27/5/2012).

Perbedaan pemberdayaan kewirausahaan ini dengan program serupa yang pernah ada. Menurut Hatta adalah dalam program ini terkandung unsur kompetisi yang dilakukan di 11 kota di Indonesia.

"Tujuan kompetisi ini adalah untuk mencari entrepreneur muda yang benar-benar mau berusaha dan gigih untuk merubah nasibnya dan menciptakan lapangan kerja baru,"tegas Hatta.

Ke 11 kota yang akan dijadikan ajang kompetisi kewira usahaan tersebut antara lain Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Aceh dan Jayapura. Sebanyak 500 – 1000 orang akan terlibat dalam kompetisi kewirausahaan yang diadakan oleh PAN ini.

Para peserta diharapkan untuk menyerahkan proposal bisnisnya di 6 kota yang menjadi tempat penggemblengan mereka nantainya. Ke 6 kota tersebut antara lain Medan, Palembang, Makassar, Jakarta, Bandung dan Surabaya.

"Mereka yang lolos dalam tahap seleksi akan melakukan setup bisnis plan dalam 4 sesi pertemuan di 6 kota tersebut, Bagi yang berhasil membuka usaha baru dan terverifikasi dalam hasil yang cukup stabil, akan diberikan modal tambahan sebesar Rp. 5.000.000,- sebagai hadiah/grup,"tegas Hatta.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.25  

0 komentar:

Poskan Komentar