“SBY Buka Pekan Raya Jakarta 2012”

Kamis, 14 Juni 2012

“SBY Buka Pekan Raya Jakarta 2012”


SBY Buka Pekan Raya Jakarta 2012

Posted: 14 Jun 2012 10:16 AM PDT

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka perayaan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang ke 45 di Kemayoran, Jakarta. Dalam sambutannya orang nomor satu negeri ini mengatakan PRJ menjadi ajang promosi produk-produk unggulan buatan dalam negeri, sekaligus wahana hiburan rakyat yang meriah.

"Pekan Raya Jakarta menjadi perayaan yang senantiasa ditunggu kehadirannya, tidak hanya oleh warga Jakarta, tetapi juga oleh masyarakat di seluruh tanah air. Pekan Raya Jakarta, juga menjadi salah satu objek kunjungan wisatawan dari mancanegara," kata Presiden dalam sambutanya di PRJ, Kamis (14/6/2012).

Presiden mengatakan bahwa PRJ hadir sebagai media promosi, edukasi, dan rekreasi masyarakat. PRJ saat ini, lanjutnya, telah menjadi ajang eksplorasi potensi ekonomi dan bisnis yang mendorong gairah dunia usaha dan ekonomi kreatif. Selain itu, PRJ juga telah menjembatani tingkat perdagangan barang dan jasa yang lebih maju, menciptakan lapangan kerja, membuka  investasi, dan menumbuhkan inovasi serta kreatifitas masyarakat. PRJ, kata Presiden, tidak hanya menjadi ajang promosi dari produk-produk manufaktur skala besar, tetapi juga berbagai produk kerajinan dan ekonomi kreatif dari usaha mikro, kecil, menengah.

"Kita patut bersyukur, penyelenggaraan PRJ telah menunjukkan peningkatan yang pesat, baik dari jumlah peserta, jumlah pengunjung, hingga nilai transaksi kegiatan ekonominya. Peningkatan jumlah pengunjung dan nilai transaksi itu, telah menjadikan PRJ diakui sebagai salah satu event pameran terbesar di Asia Tenggara," ungkapnya.

Pada saat saya pertama kali menyampaikan pidato peresmian pembukaan PRJ pada tahun 2005 lalu, lanjutnya, PRJ baru dihadiri oleh sekitar 1,5 juta pengunjung, dengan nilai transaksi Rp477 milyar. "Dari laporan yang saya terima, enam tahun kemudian, pada tahun 2011 lalu, jumlah pengunjung meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi sekitar empat juta pengunjung, dengan nilai transaksi yang melonjak hampir sepuluh kali lipat, atau lebih dari Rp3,6 Trilyun," paparnya.

SBY juga ingin menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun ke-485 Kota Jakarta kepada segenap warga Jakarta, beserta jajaran Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

"Saat ini kota Jakarta telah tumbuh sebagai kota metropolitan berkelas dunia. Jakarta telah tampil tidak hanya sebagai kota pusat pemerintahan, tetapi juga pusat perdagangan, pendidikan, jasa, dan pariwisata. Sebagai pintu gerbang negara kita, tentu kita harus lebih peduli untuk merawat, memelihara, dan menciptakan kota Jakarta yang aman, tentram, bersih, sehat, dan indah," ungkapnya.

Saat ini, sambung Presiden, kota Jakarta telah tumbuh sebagai kota metropolitan berkelas dunia. Jakarta telah tampil tidak hanya sebagai kota pusat pemerintahan, tetapi juga pusat perdagangan, pendidikan, jasa, dan pariwisata. "Sebagai pintu gerbang negara kita, tentu kita harus lebih peduli untuk merawat, memelihara, dan menciptakan kota Jakarta yang aman, tentram, bersih, sehat, dan indah," tegasnya.

"Maju dan Jayalah Jakartaku" dan "Jakartaku Harapanku", yang menjadi tema besar Hari Ulang Tahun Kota Jakarta dan Pekan Raya Jakarta tahun ini, lanjutnya, merupakan pilihan yang tepat, sebagai upaya untuk terus memberikan dorongan semangat dan harapan akan kemajuan Jakarta di masa depan, Kota Jakarta yang kita idamkan bersama. "Jakarta yang terus berkembang dan maju, menjadi barometer penting bagi keberhasilan pembangunan nasional," pungkasnya.

(sus)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Diposkan oleh iwan di 13.10  

0 komentar:

Poskan Komentar