“INVESTASI ASING: New Hope Group Akan Buka Pabrik di Medan”

Rabu, 26 September 2012

“INVESTASI ASING: New Hope Group Akan Buka Pabrik di Medan”


INVESTASI ASING: New Hope Group Akan Buka Pabrik di Medan

Posted: 26 Sep 2012 09:04 AM PDT

MEDAN-New Hope Group, perusahaan agribisnis terbesar di China, berencana membuka pabrik pakan ternak di Medan, Sumatra Utara dengan nilai investasi awal US$100 juta untuk memperkuat basis usaha di Indonesia.  

Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Provinsi Sumatra Utara Purnama Dewi mengatakan guna merealisasikan rencana itu, managemen New Hope Group sedang berada di Medan, Sumut, untuk mengurus proses perizinan dan kebutuhan lain.

"Perusahaan asal China [New Hope Group] kemarin datang berkunjung ke kantor [BPNP] untuk memulai rencana pembangunan. Rencananya akan kami berikan lokasi di KIM [Kawasan Industri Medan], kalau di KIM 2 sudah penuh bisa di KIM 4," jelasnya. Rabu (29/9).

Dia menambahkan pihak New Hope Group telah berada di Medan sejak 2 pekan lalu untuk melakukan survei dan mencari kantor yang akan digunakan sebagai alamat sementara memulai proses investasi di Sumut.

Purnama mengatakan pihaknya berharap perusahaan ini tidak menemui kendala yang dapat menghambat atau menggagalkan rencana investasi, mengingat pabrik baru yang direncanakan akan bermanfaat bagi perekonomian Indonesia, khususnya Sumut.

Selain membuka lapangan kerja baru, paparnya, pihak New Hope juga akan menggunakan produk lokal di pabrik, sehingga pasar komoditas yang menjadi bahan baku pakan ternak semakin besar, seperti jagung dan sejumlah komoditas pertanian lain.

"Kami tengah berupaya agar mereka [New Hope] bisa cepat membuka pabriknya di Sumut karena ini akan memberikan bayak manfaat. Kami masih melakukan komunikasi rutin dengan mereka," tambahnya.

Data yang dikutip Bisnis dari situs New Hope Group menyebutkan perusahaan itu berdiri pada 1982 dengan nama awal South Hope Group. Pendapatan tahunan perusahaan sekitar US$6,5 miliar per tahun.

New Hope Group sudah bergerak di bidang agribisnis selama 27 tahun di China dan memiliki lebih dari 380 unit usaha di luar negeri dengan total jumlah karyawan sekitar 60.000 orang.

New Hope Group membuka pabrik pertamanya di luar negeri pada 1996, yaitu di Vietnam. Pada saat itu sudah ada delapan pabrik yang tersebar di lima negara, yaitu di Vietnam, Bangladesh, Filiphina, India, dan Indonesia.

Selain bergerak di industri manufaktur, New Hope Group juga menjadi supplier terbesar produk pertanian, peternakan, dan produk olahannya, seperti daging, telur, dan susu di China. Perusahaan dapat menyediakan lebih dari 200 juta ungags dan 0,5 juta ton susu per tahun.

Beberapa tahun terakhir, New Hope Group mengembangkan bisnis ke bidang lain, seperti industri kimia, keuangan, properti, dan infrastruktur. Pembukaan pabrik baru di Medan, Sumut, merupakan upaya memperkuat basis bisnis di Indonesia. (k10/faa)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 13.49  

0 komentar:

Poskan Komentar