“JIC Akan Buka Lapangan Kerja - Pikiran Rakyat”

Rabu, 19 September 2012

“JIC Akan Buka Lapangan Kerja - Pikiran Rakyat”


JIC Akan Buka Lapangan Kerja - Pikiran Rakyat

Posted: 18 Sep 2012 07:49 PM PDT

JAKARTA, (PRLM).- Direktur Investasi PT Jamsostek (Persero) Jeffry Haryadi M.P. menyatakan, Jamsostek Investment Company (JIC) diharapkan bisa beroperasi mulai tahun ini. Dengan demikian, perusahaan baru hasil kerja sama dengan Islamic Development Bank (IDB) itu dapat memberi kontribusi dalam hal membuka lapangan kerja.

Menurut Jeffry, Jamsostek telah mengalokasikan dana sebesar Rp 500 miliar untuk penyertaan modal pembentukan JIC. "Sedangkan, modal disetor yang disiapkan untuk mendirikan JIC mencapai Rp 1 triliun," ujar Jeffry dalam seri diskusi bertajuk "Investasi Jaminan Sosial", di Jakarta. Diskusi ini diselenggarakan oleh Jamsostek Journalist Club (JJC).

Dikatakan, JIC akan melakukan investasi pada sektor infrastruktur seperti jalan tol, pelabuhan, dan juga pertambangan. Untuk investasi tersebut, JIC akan membuat unit-unit usaha. "Diharapkan, investasi langsung ini bisa membuka banyak lapangan kerja," katanya.

Jeffry mengatakan, dalam pembentukan JIC ini, Jamsostek menginginkan menjadi pemegang saham mayoritas, namun mitra kerja sama yakni IDB juga menginginkan hal yang sama. Untuk itu, Jamsostek akan mengajak beberapa BUMN menjadi pemegang saham JIC. "Jadi, kalau kita (Jamsostek) tidak mayoritas, tetapi dengan mengajak BUMN, maka BUMN yang mayoritas," katanya.

Pengamat ekonomi Yanuar Rizky berharap JIC bisa menjadi inkubator dalam memberikan solusi intermediasi ke sektor riil.
Selama ini hanya perbankan yang menjadi lembaga intermediasi untuk menggerakkan sektor riil.

Menurut Yanuar, potensi Jamsostek mengalokasikan dananya di pasar keuangan secara langsung sangat besar.
Dicontohkan, seharusnya pemerintah bisa menerbitkan surat utang negara (SUN) yang fokusnya untuk penciptaan lapangan kerja. "SUN bisa langsung dibeli oleh Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, akuntabilitas dana peserta tepat sasaran dengan risiko alokasi dijamin pemerintah," katanya. (A-78/A-147)***

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 13.55  

0 komentar:

Poskan Komentar