“KLINIK INVESTASI - Buka Usaha dengan Modal Rp50 Juta - Koran Sindo”

Sabtu, 15 September 2012

“KLINIK INVESTASI - Buka Usaha dengan Modal Rp50 Juta - Koran Sindo”


KLINIK INVESTASI - Buka Usaha dengan Modal Rp50 Juta - Koran Sindo

Posted: 15 Sep 2012 01:03 PM PDT

Jawaban

Halo.Kalau bicara bisnis,pada dasarnya ada dua bidang bisnis yang bisa Anda pilih: jual barang atau jual jasa. Perbedaan keduanya adalah dari segi kefleksibelan harga. Pada usaha jasa, umumnya Anda bisa menjual dengan harga yang fleksibel dan tidak ada batasnya sesuai dengan reputasi yang sudah dimiliki oleh usaha itu.

Contoh,kalau Anda buka salon,maka kalau setelah –katakan– setahun,orang puas dengan salon Anda,lalu salon Anda punya nama yang sangat baik di daerah Anda,maka Anda bisa saja menaikkan harga jasa salon Anda sesuai dengan reputasi Anda. Makin bagus reputasinya, bisa jadi makin mahal harga jasa Anda. Jasa pijit refleksi juga begitu.

Kalau pemijat refleksi di tempat Anda enak memijatnya,tempat Anda juga nyaman dan sebagainya,maka bisa saja setelah setahun Anda menaikkan harga jasa pijat refleksi Anda.Makin bagus reputasinya,makin tinggi harganya. Sebaliknya, berbeda dengan usaha jasa, usaha jual barang harga jualnya tidak bisa seenaknya Anda naikkan.Contoh,Anda buka usaha jual minuman.Tentunya, minuman yang Anda jual sudah punya standar harga sendiri.

Kalaupun Anda naikkan, paling-paling kenaikannya tidak akan bisa tinggi-tinggi karena di luar sana ada banyak penjual barang yang persis sama dengan Anda. Begitu juga kalau Anda menjual aksesori wanita, harga jual bando Anda mungkin tidak akan beda jauh dengan harga di toko sebelah yang kebetulan juga punya barang yang sama.Jadi, dari segi harga, usaha jual barang tidak bisa Anda naikkan seenaknya.

Beda dengan usaha jasa. Biarpun usaha jasa pijat refleksi punya reputasi yang bagus sehingga Anda bisa menaikkan harga jual Anda, tapi jumlah klien atau pasien yang datang ke tempat Anda akan sangat bergantung pada berapa jumlah tim pemijat yang Anda punya. Contoh, Anda punya 5 pemijat dalam usaha Anda.

Satu Pemijat paling banyak hanya bisa memijat 5 pasien sehari. Ini berarti kapasitas usaha Anda paling banyak hanya 25 pasien sehari. Dikalikan 30 hari, ini berarti 750 pasien sebulan. Anda mau naikkan jadi 800 pasien dalam sebulan? Nggak bisa, kecuali kalau Anda tambah jumlah pemijat di tim Anda.

 Jadi kesimpulannya, kalau Anda ingin bisa menaikkan harga secara fleksibel, pilih usaha jasa. Tapi kalau Anda ingin mendapatkan omzet yang tidak terbatas, pilihlah usaha jual barang.Itu saja.Mudah-mudahan cukup menjawab. SAFIR SENDUK Pengasuh www.PerencanaKeuangan.com

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 13.10  

0 komentar:

Poskan Komentar