“Pentingnya customer service dalam bisnis online - merdeka.com”

Sabtu, 20 Oktober 2012

“Pentingnya customer service dalam bisnis online - merdeka.com”


Pentingnya customer service dalam bisnis online - merdeka.com

Posted: 20 Oct 2012 08:19 AM PDT

Bisnis online memang makin menjamur. Salah satu sebabnya adalah kemudahan saat berbelanja karena tidak perlu susah payah pergi ke toko untuk memilih barang. Selain itu, berbelanja online lebih fleksibel karena bisa dilakukan oleh pelanggan dari mana saja.

Meskipun demikian, banyak pebisnis online yang sering melupakan komponen penting dalam usahanya, yaitu peranan customer service. Apa yang membuatnya penting dan tidak boleh diabaikan?

Melalui talkshow "Melek Digital untuk Startup Business" yang diadakan oleh provider AXIS, salah satu pembicara kemudian menjelaskan peranan customer service dalam bisnis online.

"Banyak orang berpikir toko online itu buka 24 jam sehari, non-stop. Padahal tidak, kan?" kata Dyah Purana, pemilik bisnis online Aremafood.com.

Atas alasan dasar itulah, toko online sebaiknya tetap menentukan jam buka dan tutup pelayanan pelanggan. Dan customer service memegang peranan agar tegas untuk tidak melayani keluhan atau pesanan apapun dari pelanggan di luar jam kerja.

Sementara itu, jika bisnis online masih tergolong skala kecil dan tidak ada pegawai yang bertugas sebagai customer service, pengusaha tetap perlu mencantumkan jam kerja toko. Dengan demikian, toko mereka akan dianggap profesional dan terpercaya karena tidak asal-asalan berjualan.

Hampir sama dengan customer service, kurir atau pengantar barang juga sebaiknya ditetapkan dengan jelas jadwal kerjanya. Misalnya, toko online hanya akan pelayani pengantaran barang setiap hari Selasa dan Jum'at.

Mungkin sepertinya sepele, namun manajemen yang sering diabaikan ini justru penting bagi sebuah usaha. Jika mengatur diri sendiri saja kesulitan, bagaimana kalau harus berhadapan dengan banyak pelanggan?

Dyah Dyah Purana (©2012 Merdeka.com/wildamalia)

[riz]

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 13.38  

0 komentar:

Poskan Komentar