“Brawijaya Buka Prodi Dokter Spesialis Emergensi”

Kamis, 22 November 2012

“Brawijaya Buka Prodi Dokter Spesialis Emergensi”


Brawijaya Buka Prodi Dokter Spesialis Emergensi

Posted: 22 Nov 2012 04:55 AM PST

TEMPO.CO,Malang-Universitas Brawijaya Malang mengembangkan program studi Ilmu Kedokteran Emergensi. Program pendidikan ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Yuddy Imowanto mengatakan pembukaan progra ini bertujuan mendidik lulusan dokter spesialis emergensi agar memiliki kemampuan penanganan kedaruratan. "Selama ini penanganan darurat hanya berfokus emergensi karena trauma," kata Yuddy, Kamis 22 November 2012.

Peserta program studi ini akan memiliki keterampilan penanganan pasien emergensi non trauma dengan pelayanan terbaik. Peserta spesialis kedokteran emergensi bakal mendapat tiga pilar keterampilan meliputi bidang penanganan medis di daerah bencana, manajemen Instalansi Gawat Darurat dan pelayanan perjalanan menuju rumah sakit. "Program ini terbaik di Indonesia," katanya.

Program ini, kata Yuddy, merupakan kerjasama Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dengan Universitas Brawijaya Malang. Namun, sampai saat ini terhambat proses akreditasi dari Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia. "Program Kedokteran Emergensi dianggap kompetensi bersinggungan dengan spesialis lain," katanya.

Persetujuan MKKI dibutuhkan untuk syarat perkembangan program pendidikan spesialis kedokteran di Indonesia. Untuk mendapat akreditasi, berbagai langkah dan usaha dilakukan Universitas Brawijaya Malang. Antara lain melalui Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi Indonesia.

EKO WIDIANTO

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 13.44  

0 komentar:

Poskan Komentar