“Enggan Buka Cabang, Maybank "Numpang" BII”

Jumat, 09 November 2012

“Enggan Buka Cabang, Maybank "Numpang" BII”


Enggan Buka Cabang, Maybank "Numpang" BII

Posted: 09 Nov 2012 03:42 AM PST

Enggan Buka Cabang, Maybank "Numpang" BII

Penulis : Didik Purwanto | Jumat, 9 November 2012 | 18:43 WIB

Dibaca:

Josephus Primus Head Group Islamic Banking Maybank Ibrahim Hasan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Maybank Syariah hingga saat ini belum memiliki kantor cabang. Untuk terus bisa beroperasi, Maybank Syariah terus menumpang kantor di PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BNII).

Presiden Direktur Maybank Syariah Ibrahim Hassan menjelaskan, hingga saat ini pihaknya terus berusaha melobi Bank Indonesia agar bisa meluluskan skema bisnis leverage model yang coba dianutnya, khususnya dengan memanfaatkan jaringan perusahaan saudaranya, yaitu BII.

"Kita masih persuade leverage model ke Bank Indonesia, kita ajukan akhir tahun lalu. Integration model dengan BII, untuk suatu hari bisa integrasi antara BII dengan kami, untuk kembangkan produk-produk bersama," ungkap Ibrahim di Kantor Maybank Syariah di Jakarta, Jumat (9/11/2012).

Menurut Ibrahim, PT Maybank Syariah Indonesia berusaha memanfaatkan jaringan BII. Hal ini dilakukan karena perseroan tidak harus membuka kantor cabang yang dinilai memerlukan biaya cukup besar.

Melalui leverage model, Maybank Syariah nantinya tidak hanya bisa menggunakan jaringan kantor BII sebagai tempat mengumpulkan dana masyarakat, tapi juga bisa menyalurkan pembiayaan.

Sekadar catatan, beberapa waktu lalu BII berencana melebur unit usaha syariah (UUS) miliknya dengan Maybank Syariah untuk meningkatkan kapasitas bisnis di industri perbankan syariah. BII dan Maybank Syariah sendiri merupakan sister company, yang dimiliki oleh bank asal Malaysia, Malayan Banking Berhad.

"Kalau kemungkinan besar leverage model dibenarkan, jadi peluang kita untuk leverage itu lewat UUS BII. Kalau leverage 100 persen bisa lewat BII. Ini kan untuk efisiensi biaya," tambahnya.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 13.21  

0 komentar:

Poskan Komentar