“Jumlah pengangguran di Sleman tertinggi di DIY - Antaranews.com”

Rabu, 14 November 2012

“Jumlah pengangguran di Sleman tertinggi di DIY - Antaranews.com”


Jumlah pengangguran di Sleman tertinggi di DIY - Antaranews.com

Posted: 14 Nov 2012 07:32 AM PST

Penurunan angka pengangguran masih menjadi tantangan Kabupaten Sleman dalam mewujutkan peningkatan kesejahteraan masyarakat,"

Berita Terkait

Sleman (ANTARA News) - Jumlah pengangguran di Kabupaten Sleman saat ini masih tertinggi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Penurunan angka pengangguran masih menjadi tantangan Kabupaten Sleman dalam mewujutkan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Asekda Kabupaten Sleman Bidang Pembangunan Suyamsih, Rabu.

Menurut dia, meskipun jumlah pengangguran di Sleman menurun dari tahun lalu, yaitu dari 58.295 orang menjadi 39.921 orang, namun masih yang tertinggi di DIY.

"Kondisi pencari kerja saat ini masih didominasi yang lebih suka bekerja di kantor atau perusahaan daripada berpikir untuk membuka usaha sendiri dan berperan untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang lain," katanya.

Ia mengatakan hingga Juni 2012 terdapat 782.377 penduduk dengan usia kerja dan jumlah angkatan kerja sebanyak 524.326 orang.

"Sedangkan jumlah pengangguran di Sleman yaitu 39.921 orang dengan tingkat pendidikan SD sebanyak 15 persen, SMP sebanyak 21 persen, SMA/SMK 36 persen dan 8,5 persen lulusan diploma serta 8 persen lulusan S1, sedang sisanya 9,8 persen tidak menyelesaikan pendidikan dasar," katanya.

Suyamsih mengatakan dari data tersebut dapat diketahui bahwa lulusaan SMA/SMK mendominasi jumlah pengangguran.

"Berkenaan hal tersebut Pemkab Sleman mengimbau agar lulusan SMK tidak hanya mencari pekerjaan namun harus dapat menciptakan pekerjaan sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki," katanya.

Ia mengatakan dari berbagai upaya tersebut, telah banyak pencari kerja yang telah memperoleh pekerjaan.

"Dari jumlah 5.719 pencari kerja pada 2010 telah ditempatkan sebanyak 56 persen, pada 2011 dari jumlah 2.194 pencari kerja telah ditempatkan sebanyak 81 persen dan pada 2012 ini dari 1.942 pencari kerja sebanyak 87 persen telah ditempatkan," katanya.


(V001/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Diposkan oleh iwan di 14.33  

0 komentar:

Poskan Komentar