“BI Buka Pintu bagi Bank Umum - Harian Analisa (Blog)”

Senin, 03 Desember 2012

“BI Buka Pintu bagi Bank Umum - Harian Analisa (Blog)”


BI Buka Pintu bagi Bank Umum - Harian Analisa (Blog)

Posted: 03 Dec 2012 08:32 AM PST

Jakarta,(Analisa). Bank Indonesia akan membuka pintu bagi bank umum untuk menjadi bank induk atau APEX Bank jika Bank Pembangunan Daerah (BPD) gagal memenuhi syarat yang ditetapkan oleh BI.

"Tadinya kami berfikir APEX Bank itu sebaiknya dipegang oleh BPD. Kami berikan prioritas bagi BPD, namun jika BPD-nya tidak sanggup dan tidak memenuhi syarat maka kami membuka pintu bagi bank umum supaya program tersebut dapat tetap berjalan dengan baik dan tidak terbengkalai," kata Gubernur BI Darmin Nasution saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional di Jakarta, Senin.

Dalam seminar bertajuk "Penguatan BPD Ke Depan Untuk Meningkatkan Daya Saing Dalam Ekonomi Global", Darmin mengatakan APEX Bank berfungsi sebagai pelindung Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang akan memberikan bantuan jika BPR mengalami kesulitan likuiditas.

Oleh karena itu untuk menjalankan program APEX ini BPD harus dalam kondisi yang sehat.

"Kalau BPD-nya tidak sehat dan dipaksakan jadi APEX Bank, sama BPR-nya nanti bisa repot," ujar Darmin.

BI menginginkan ada semacam linkage program antara BPD atau bank umum dengan BPR di mana mereka meminjamkan dana dengan bunga yang cukup rendah yang disalurkan ke BPR-BPR.

"Bayangkan jika BPR mengambil suku bunga dari BPD dengan suku bunga 11 hingga 12 persen, maka suku bunga kreditnya bisa menjadi 22 persen," kata Darmin.

Darmin menuturkan, pada 2013 BI akan mewajibkan kepada bank-bank yang memberikan kredit mikro untuk mengumumkan suku bunga dasarnya sehingga dapat dilihat nilai suku bunga dasar yang disalurkan kepada usaha-usaha mikro.

Sebelumnya BI sendiri telah mengeluarkan peraturan tentang kewajiban kepada bank-bank untuk menyalurkan kredit UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) minimal 20 persen dari portofolionya.

"Semua aturan tersebut kami susun dalam suatu rangkaian kebijakan untuk mendukung perekonomian nasional karena UMKM merupakan mayoritas dari usaha yang ada di Indonesia," ujar Darmin.

Selain itu, BI berencana akan mengumumkan nama-nama BPD yang mencapai target dan yang tidak mencapai target pada tahun depan.

"Tahun depan akan kami sebutkan, biar tahun ini BPD-BPD tersebut bisa berbenah," kata Darmin. (Ant)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 14.23  

0 komentar:

Poskan Komentar