“Pungli Masih Marak, Pribumi Sulit Buka Usaha - Swara Manado”

Jumat, 07 Desember 2012

“Pungli Masih Marak, Pribumi Sulit <b>Buka Usaha</b> - Swara Manado”


Pungli Masih Marak, Pribumi Sulit <b>Buka Usaha</b> - Swara Manado

Posted: 06 Dec 2012 10:22 PM PST

SWARAMANADONEWS.com – Maraknya pungutan liar () pada sektor pelayanan publik di Kota terkesan semakin menutup peluang bagi putra daerah untuk memulai usaha. Yang punya kesempatan seperti itu hanya yang bermodal besar saja.

Pengakuan Henri, pengusaha di Tuminting, beberapa waktu lalu soal pengalaman tidak mengenakkan saat dirinya "dipalak" oknum kepala kelurahan dan staf kantor kecamatan, semakin membuka gambaran masih bobroknya dunia birokrasi Pemkot Manado di bawah kepemimpinan Walikota Vicky Lumentut dan Wawali pada tahun kedua masa kepemimpinan mereka.

Tak heran warga beropini, sulit bagi putra daerah yang ingin berusaha dengan modal terbatas. "Bagaimana mau buka usaha kalau belum apa-apa sudah kena pungli oleh oknum-oknum dalam pemerintahan," tandas Alin, pekerja swasta, Jumat (7/12).

Bila pribumi sulit, maka pekerja jasa konstruksi itu melihat yang peluangnya lebih besar dalam berusaha justru warga keturunan. maklum katanya, sebab warga keturunan dikenal memiliki modal besar. "Iya peluang mereka lebih besar sebab modalnya kuat, kalau yang modalnya terbatas sebaiknya pikir dua kali mau urus perijinan usaha sebab banyak pungli-nya," sebut Alin.

Sumber : Beritamanado

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 13.49  

0 komentar:

Poskan Komentar