“Pemerintah Plot Rp4 Miliar Buka Jalan Usaha Tani - Harian Analisa (Blog)”

Minggu, 13 Januari 2013

“Pemerintah Plot Rp4 Miliar Buka Jalan Usaha Tani - Harian Analisa (Blog)”


Pemerintah Plot Rp4 Miliar Buka Jalan Usaha Tani - Harian Analisa (Blog)

Posted: 13 Jan 2013 08:04 AM PST

Bireuen, (Analisa). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) memplotkan dana senilai Rp4 miliar untuk membiayai pembukaan jalan usaha tani di sejumlah kecamatan di daerah itu pada 2013.

"Dibukanya jalur baru dan pengembangan jalan di kawasan potensial perkebunan bertujuan mempermudah akses dari dan ke lokasi lahan sekaligus membuka kesempatan bagi masyarakat membuka kembali kebun yang terlantar," ujar Kadishutbun Bireuen, Ir Irwan, kepada Analisa, Minggu (13/1).

Dana Rp4 miliar untuk pembiayaan program itu dinilainya masih relatif kecil dibanding volume permohonan masyarakat agar pemerintah secepatnya membuka keterisoliran menuju lahan perkebunan. Untuk peluang menambah volume kerja, pemerintah berinisiatif mengalokasikan kegiatan itu secara swakelola.

Sejauh ini, tambah Irwan, tim teknis masih sedang melakukan pendataan di lapangan guna menentukan sejumlah kawasan yang menjadi prioritas mulai awal 2013. Direncanakan, sekitar Februari ini kegiatan tersebut akan diserahkan kepada masyarakat di lokasi pekerjaan.

"Dengan sistem swakelola diharapkan akan berdampak secara ekonomis bagi masyarakat serta dapat menambah volume pekerjaan. Biasanya, biaya membuka jalan baru sepanjang satu kilometer membutuhkan Rp70 juta, tetapi dengan sistem padat karya mudah-mudahan nilainya bisa lebih rendah," ujar Irwan.

Diakuinya, pengembangan jalan usaha tani tahun ini tergolong kecil. Begitupun, Pemkab Bireuen tetap memprioritaskan program ini melalui penambahan secara berkala dari tahun ke tahun sehingga aktivitas perkebunan di sentra-sentra potensial akan semakin maksimal.

Irwan menambahkan, untuk 2013 Pemkab Bireuen melalui Dishutbun juga mengupayakan pendanaan dari beberapa sumber untuk membiayai kegiatan serupa. Antara lain, pendanaan dari sumber Otsus Aceh tahun ini senilai Rp600 juta untuk membiayai peningkatan/rehabilitasi jalan usaha tani.

"Tahun ini Bireuen juga berpeluang mendapat anggaran tambahan dari APBN untuk membiayai proyek Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP), yakni kegiatan pemberian bantuan untuk mendukung aktivitas para petani," pungkasnya. (hel)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 13.22  

0 komentar:

Poskan Komentar