“Puluhan Kios di Stasiun Rawa Buntu Serpong Dibongkar - Poskotanews”

Selasa, 29 Januari 2013

“Puluhan Kios di Stasiun Rawa Buntu Serpong Dibongkar - Poskotanews”


Puluhan Kios di Stasiun Rawa Buntu Serpong Dibongkar - Poskotanews

Posted: 29 Jan 2013 09:42 AM PST

Rabu, 30 Januari 2013 00:30:13 WIB

bonlap291

SERPONG (Pos Kota) – Puluhan pedagang dan pemilik kios di sekitar Stasiun Rawa Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendesak PT KAI dan pemkot setempat mencarikan lokasi penganti untuk buka usaha setelah kios mereka dibongkar. Rencana lahan bekas lapak atau kios dijadikan perluasan lahan parkir calon penumpang KRL Jabodetabek.

"Kami tak meminta banyak hanya kepedulian Pemkot Tangsel serta pihak PT KAI menyediakan lahan pengganti agar usahanya yang sudah mencapai puluhan tahun tetap berjalan sebagaimana mestinya," kata Umar, satu pedagang makanan di sekitar stasiun Rawa Buntu, Serpong, Selasa (26/1).

Menurut dia, puluhan pedagang yang membuka usaha di sekitar stasiun sudah ada sejak belasan tahun lalu jadi wajar jika ingin minta kebijaksanaan kepada Pemkot Tangsel maupun PT KAI menyediakan lahan atau lokasi penganti yang tak jauh dari stasiun tersebut.

Kegiatan penertiban dan pembongkaran sebagian dilakukan pemilik dibantu petugas PT KAI saat pembongkaran atau penertiban berlangsung. Mereka hanya pasrah melihat tempatnya mencari nafkah dibongkar petugas walaupun mereka menyewa tempat tersebut puluhan juta per tahun ke pihak stasiun setempat.

Udin, satu pedagang lain, mengaku tak bisa berbuat banyak karena memang pihak stasiun sejak bulan Desember 2012 sudah memberikan surat teguran dan perintah untuk pindah serta tak memperpanjang tempat usaha yang selama ini ditempati pedagang.

"Awalnya kios atau tempat usaha itu mau diperpanjang tapi pihak stasiun menolak karena lahan kios atau lapak jualan kanan dipergunakan untuk perluasan sarana parkir kendaraan untuk calon penumpang kereta," ujarnya yang sudah mengontrak dan buka usaha selama 12 tahun.

Kepala Stasiun Rawa Buntu, Hidaya Pramana, mengakui pembongkaran dilakukan pihaknya sudah lakukan sosialisasi kepada pedagang bahkan sudah diberikan surat peringatan dari PT KAI dengan batas waktu pembongkaran pada 31 Desember 2012 lalu.

"Kami sudah memberikan waktu cukup lama untuk mereka bersiap pindah tapi hingga kemarin belum juga terpaksa kami meminta pedagang atau pemilik kios itu sendiri ikut membongkar lokasi tersebut," ujarnya.

Pembongkaran, kios dan lapak di kawasan stasiun, sambung Hidaya dilakukan untuk mengoptimalkan jumlah penumpang Kereta Api dan meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jasa KA dengan menerapkan e-ticketing serta menambah sarana parkir sekitar stasiun. (anton)

Teks :Sejumlah kios atau tempat usaha di sekitar Stasiun Rawa Buntu, Serpong yang dibongkar untuk perluasan parkir kendaraan calon penumpang kereta

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Diposkan oleh iwan di 13.48  

0 komentar:

Poskan Komentar