“Usulan Toko Modern Buka 24d Jam Ditolak DPRD Surakarta”

Rabu, 06 Maret 2013

“Usulan Toko Modern Buka 24d Jam Ditolak DPRD Surakarta”


Usulan Toko Modern Buka 24d Jam Ditolak DPRD Surakarta

Posted: 06 Mar 2013 11:28 AM PST

SOLO, suaramerdeka.com - Wacana toko modern buka 24 jam yang dilontarkan Sekda Budi Soeharto, ditolak anggota DPRD Surakarta. Alasannya, jika toko modern buka full time, akan membuat toko kecil di kampung kehilangan konsumen.

Ketua Komisi III Honda Hendarto mengatakan, jika merujuk Perda 5/2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, banyak terjadi pelanggaran jam operasional. "Di perda diatur soal pembatasan jam operasional. Tapi nyatanya, banyak yang melanggar. Ini menunjukkan perda belum dijalankan sepenuhnya oleh pelaku usaha. Pemkot juga kami nilai belum menjalankan perda, karena masih ada pelanggaran di lapangan," katanya.

Menurutnya, Pemkot mestinya menjalankan perda, dengan menerapkan pasal-pasal yang ada pada pelaku usaha. Jika ada yang melanggar, ditindak sesuai ketentuan. "Lha ini aturan yang ada saja belum dijalankan, kok malah usul toko modern buka 24 jam. Usulan itu ngoyo woro," ujarnya.

Honda meminta, agar Perda 5/2011 disosialisasikan intensif pada pengusaha toko modern, agar mereka menaati aturan yang terkandung di dalamnya. "Jika perlu, instansi terkait mengundang pengusaha toko modern, diberi pemahaman tentang aturan yang ada," tandasnya.

Dia menambahkan, Pemkot wajib melindungi usaha kecil agar eksistensinya tidak tergerus pelaku usaha bermodal besar. "Toko di kampung itu termasuk usaha kecil. Mereka bersaing langsung dengan toko modern dalam melayani konsumen. Kalau toko modern buka 24 jam, terus siapa yang akan melindungi toko kecil ini?" imbuhnya.

Hal senada dikatakan anggota Fraksi Partai Demokrat Reny Widyawati. Menurut legislator yang ikut dalam Panitia Khusus (Pansus) saat Perda 5/2011 dibahas, adanya perda tersebut bertujuan untuk melindungi pasar atau toko tradisional, agar keberadaannya tidak tergerus pasar modern.

"Itu mengapa jam operasional toko modern dibatasi. Kalau toko modern buka bebas sampai 24 jam, ya mati toko-toko kecil di kampung dan pasar tradisional. Mereka akan kehilangan omzet. Sekda perlu berpikir ulang, tentang usulan minimarket buka 24 jam," imbuhnya.

( Irfan Salafudin / CN34 / JBSM )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Diposkan oleh iwan di 13.58  

0 komentar:

Poskan Komentar