“BNN Buka Klinik Gratis Detoksifikasi Pecandu Narkoba”

Rabu, 12 Juni 2013

“BNN Buka Klinik Gratis Detoksifikasi Pecandu Narkoba”


BNN Buka Klinik Gratis Detoksifikasi Pecandu Narkoba

Posted: 12 Jun 2013 12:26 AM PDT

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai salah satu upaya Badan Narkotika Nasional (BNN) mengurangi jumlah pecandu narkoba, kali ini, BNN mencoba menggandeng Klinik Sejahtera (Balkesmas Sejahtera Mitra Afia) di Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, untuk dijadikan tempat rehabilitasi dengan sistem detoksifikasi bagi para pecandu yang ingin lepas dari jeratan narkoba. 

Kepala Bagian Humas BNN Sumirat mengatakan layanan klinik detoksifikasi sampai saat ini memang masih bisa dihitung jari tangan. Namun, ke depannya akan didirikan klinik-klinik lainnya.

"BNN menyokong dan membantu pendirian klinik-klinik detoksifikasi ini. Para pecandu tinggal datang ke klinik dengan penanggungjawabnya seperti orangtua atau kakaknya. Ini gratis, dari obat-obatan, rawat inap sampai makanannya," kata Sumirat, Rabu (12/6/2013).

Setelah proses detoksifikasi ini, lanjut Sumirat, para pecandu akan direhabilitasi sosial. BNN akan membimbing mereka untuk terus memilik semangat hidup, seperti menjadi wirausaha. "Nanti mau ke mananya mereka setelah itu, kita bantu," jelas Sumirat.

Launching klinik ini menampilkan sejumlah stand wirausaha yang dibuka oleh para mantan pecandu. Mereka mulai membuka beragam usaha pascalepas dari jeratan hitam narkoba. Usaha mereka antara lain makanan ringan seperti roti, pizza, makanan ringan atau snack ikan.

Kepala BNN Anang Iskandar, menjelaskan ada 4 juta pecandu narkoba di Indonesia. Jumlah itu berbanding terbalik dengan tempat rehabilitasi yang masih terbatas. Karena itu, BNN merasa perlu mendirikan layanan detoksifikasi ini sebagai bagian tahap awal rehabilitasi bagi pecandu narkoba.

"Layanan ini adalah bentuk kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah terkait, kelompok masyarakat dan swasta," lanjutnya.

Baca Juga:

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 13.05  

0 komentar:

Poskan Komentar