“Presiden Resmi Buka Jakarta Fair - Metro TV News”

Senin, 10 Juni 2013

“Presiden Resmi Buka Jakarta Fair - Metro TV News”


Presiden Resmi Buka Jakarta Fair - Metro TV News

Posted: 10 Jun 2013 09:48 AM PDT

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan pembukaan Jakarta Fair Ke-46 yang diselenggarakan oleh PT Jakarta International Expo (JIExpo) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Senin (10/6).

Dalam kesempatan itu, Presiden didampingi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), dan Komisaris Utama PT Jakarta International Expo, Murdaya W Poo.

Acara peresmian pembukaan berlangsung di Panggung Utama Jakarta Fair yang berlokasi di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat.

Acara itu juga dihadiri Ketua Panitia Jakarta Fair 2013, Prajna Murdaya, dan sejumlah tamu undangan yang terdiri menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, para pejabat tinggi negara, para duta besar negara sahabat, asosiasi dan para pelaku usaha, serta para peserta pameran.

Membuka sambutan, Murdaya Poo mengajak masyarakat untuk kompak memaksimalkan kekuatan. "Dalam rangka memajukan Kota Jakarta khususnya perekonomian sektor riil dan ekonomi kreatif serta mengembangkan industri dalam negeri dan pariwisata sehingga memperluas lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di wilayah Jakarta dan seluruh Indonesia," ucapnya.

Jakarta Fair 2013 diikuti peserta mulai dari perusahaan skala mikro, usaha kecil menengah, BUMD dan BUMN, pemerintah daerah, dan perusahaan multinasional.

Jokowi yang mengenakan batik coklat berharap ajang pesta rakyat Jakarta ini dapat menghibur seluruh masyarakat. "Saya harap event ini bisa dinikmati seluruh masyarakat Jakarta maupun seluruh Indonesia. Dan, juga bisa menyajikan hiburan bagi masyarakat jakarta. Event ini juga bermanfaat sebagai informasi produk-produk kreatif karya anak bangsa," urainya.

Presiden Yudhoyono pun mendukung Jakarta Fair 2013 sebagai kegiatan pendukung ekonomi nasional. "Perekonomian dunia belum pulih. Banyak negara kesulitan menjaga pertumbuhan perekonomian. Kami kerja keras menjaga ini. Agar ekonomi tetap tumbuh, harus kreatif mengembangkan ekonomi di negara kita," ucap Presiden.

Semoga, imbuh Presiden, Jakarta Fair terus berkembang. Dia berharap kegiatan ekonomi yang disumbang PRJ membawa manfaat bagi rakyat. "Hiburan rakyat makin baik, makin dekat di hati rakyat kita semua," ujarnya.

Usai memberi sambutan, Presiden ditemani Jokowi, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, dan Murdaya Po membunyikan sirene tanda dibukanya Jakarta Fair 2013. Sejurus kemudian, hujan kembang api mewarnai langit malam PRJ.

Ajang pameran ini telah dibuka untuk umum sejak Kamis (6/6), namun acara peresmian baru dilakukan Senin. Perhelatan akbar yang diselenggarakan untuk merayakan HUT ke-486 DKI tersebut akan berlangsung selama 32 hari penuh hingga 7 Juli mendatang, bertepatan dengan musim liburan sekolah.

Selama empat hari dibuka sejak Kamis (6/6), hingga hari Minggu (9/6) Jakarta Fair 2013 telah dikunjungi oleh lebih dari 465 ribu orang. Angka itu naik 18% dibanding tahun lalu, di mana empat hari pertama Jakarta Fair 2012 dikunjungi oleh 395 ribu orang.

Acara peresmian pembukaan antara lain diisi pertunjukan drama musikal berjudul 'Terus Maju Jakartaku' yang menampilkan artis senior Titiek Puspa dan penyanyi solo Rio Febrian. Drama Musikal didesain sebagai pertunjukan bernuansa Betawi dan didominasi dialog berlogat Betawi.

Ketua Panitia Jakarta Fair 2013, Prajna Murdaya, menjelaskan, Jakarta Fair 2013 diikuti oleh 2.650 peserta yang tergabung dalam 1.280 stan. Mereka terdiri dari kalangan usaha dan industri besar, menengah, hingga koperasi dan usaha kecil-mikro.

Juga diikuti anjungan BUMN dan pemerintah provinsi/kabupaten dari berbagai penjuru Tanah Air.

Dijelaskan oleh Prajna, Jakarta Fair 2013 juga akan dimeriahkan oleh JIExpo Music Concert, yakni konser musik paling akbar yang akan menampilkan lebih 270 band dan artis penyanyi top Indonesia. Konser akan berlangsung selama 32 hari nonsetop selama penyelenggaraan Jakarta Fair, mengusung berbagai genre musik seperti rock, reggae, ska, pop, jazz, metal, punk, K-pop, alternatif, berbagai pertunjukan budaya, etnik, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Jakarta Fair 2013 dimeriahkan oleh pertunjukan budaya di panggung budaya Gambir Expo kawasan Arena PRJ Kemayoran, yang akan menampilkan pertunjukan budaya Betawi dan budaya dari daerah-daerah lain Indonesia. Juga akan ditampilkan pertunjukan budaya dari berbagai negara seperti Mesir, Yunani, Kanada, Togo, Taiwan, dan Russia.

Menurut Prajna, penyelenggaraan Jakarta Fair merupakan bagian dari pengabdian PT JIExpo kepada bangsa dan negara. PT JIExpo memiliki misi mengembangkan industri MICE di Indonesia.

"Jika pameran seperti Jakarta Fair ini terus berkembang maka akan merangsang promosi perdagangan, merangsang inovasi perindustrian, menjadi pemicu peningkatan investasi, menyerap tenaga kerja, dan pada akhirnya memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat," tuturnya. (San Yasdi)


Editor: Henri Salomo Siagian

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 13.14  

0 komentar:

Poskan Komentar