“Chef Will Meyrick Berencana Buka Restoran Khas Indonesia”

Rabu, 28 Agustus 2013

“Chef Will Meyrick Berencana Buka Restoran Khas Indonesia”


Chef Will Meyrick Berencana Buka Restoran Khas Indonesia

Posted: 27 Aug 2013 11:07 PM PDT

Jakarta - Chef Will Meyrick terbukti sukses dengan restoran Sarong di Bali yang harus selalu dipesan tempatnya jauh-jauh hari. Begitupula dengan restoran Mama San dan E&O. Gencar menghadirkan hidangan Asia, akankah Meyrick membuat restoran dengan konsep 100% Indonesia?

Ya! Itulah jawabannya. Saat ini ia sedang mencari lokasi yang tepat, entah di Bali atau Jakarta. Namun, ia memperkirakan restoran fine dining Indonesia akan lebih sukses di Bali dibanding Jakarta.

"Di Jakarta lebih susah karena orang-orang ingin makan hidangan Barat. Tidak ada respek terhadap masakan Indonesia. Mereka lebih suka makanan tradisional rumahan daripada hidangan Indonesia berkelas," Meyrick berpendapat.

Bali lebih potensial karena dikunjungi banyak turis. "Jika mereka suka dengan masakan Indonesia dan menikmati konsep restorannya, mereka akan mempromosikannya di negara asal mereka," harap Meyrick.

Menurutnya, masyarakat Indonesia belum siap dengan konsep hidangan tradisional yang dipadukan dengan atmosfer yang menyenangkan, seperti cocktail, bar, dan musik. Makanya, agar restorannya tak sia-sia, ia mau membuat orang Indonesia lebih akrab dan menghargai hidangannya sendiri.

Caranya adalah dengan membangun awareness terlebih dahulu lewat acara Street Food Chef. "Kami ingin membuat masakan Indonesia terkesan lebih menyenangkan lewat televisi," ujar Meyrick. Kemudian, usaha ini akan dibarengi promosi lewat blog, social media, panduan makan, dll.

Meyrickpun akan berusaha menyajikan hidangan Indonesia seasli mungkin. Ia bisa menjamin karena ia sendiri yang turun ke kampung-kampung untuk mencuri ilmu dari para ibu rumah tangga.

"Saya juga sering bertanya kepada para staf restoran saya, apakah rasanya asli dan sama seperti di warung-warung," ujar pria yang dijuluki street food chef ini.

Berbeda dengan para pelaku usaha kuliner yang menyesuaikan citarasa hidangan Indonesia agar lebih mudah diterima lidah internasional, Meyrick percaya diri menghadirkan citarasa asli. "Saya kan memasak untuk orang Indonesia, bukan orang asing," tegasnya.

Meyrick memang ingin mengangkat hidangan Indonesia agar bisa dihadirkan di restoran fine dining, setara dengan hidangan internasional. "Saya ingin mereka menikmatinya dengan atmosfer yang menyenangkan, misalnya di bar," ujar Meyrick.

(odi/fit)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

Diposkan oleh iwan di 13.21  

0 komentar:

Poskan Komentar