“Pasca Lebaran Warung Nasi Meraup Untung - Poskotanews”

Sabtu, 17 Agustus 2013

“Pasca Lebaran Warung Nasi Meraup Untung - Poskotanews”


Pasca Lebaran Warung Nasi Meraup Untung - Poskotanews

Posted: 17 Aug 2013 03:43 AM PDT

Sabtu, 17 Agustus 2013 10:53:36 WIB

sari178

BANYAK cara memperoleh keuntungan dalam berbisnis. Seperti yang dilakukan sejumlah pengusaha restoran atau kelas rumah makan Warung Tegal (Warted). Mereka untung besar karena tak berlebaran di kampung halamannya.

"Kami sengaja tidak pulang ke Padang pada Lebaran tahun ini karena ingin mencari uang dulu. Kalau selesai Lebaran baru bisa pulang kampung. Karena jualan seusai Lebaran ini untungnya lumayan besar. Bisa dua kali lipat," kata Hery, pemilik Rumah Makan Bundo Jaya, di Jalan Jatibening, Pondok Gede, Bekasi, kemarin.

Larisnya penjualan di beberapa rumah makan atau warteg, karena memang tidak banyak saingannya. Hamper seluruh restoran dan warung nasi di beberapa tempat tutup karena pemiliknya pada mudik Lebaran. "Kesempatan inilah yang kami manfaatkan," ucap pria 40 tahun tersebut.

Pengakuan ayah tiga anak tersebut, pada hari biasa setelum Lebaran, dalam sehari hanya mampu menjual ayam 20 ekor. Tetapi, setelah Idul Fitri ini bisa 40 ekor. Jadi, keuntungannya pun berlipat. "Sekarang harga kebutuhan pokok di pasar masih mahal. Harga makanan juga terpaksa kami naikkan."

TUTUP SIANG

Cara serupa ternyata sudah dilakukan Ny,Romlah, pedagang nasi asal Tegal, Jawa Tengah, sejak beberapa tahun silam. Pemilik Warteg ini selalu membuka usaha setelah Lebaran. Beberapa hari kemudian barulah pulang kampung.

Menurut Romlah, omset penjualan selalu naik, bahkan terkadang kewalahan melayani pembeli sehingga kehabisan dagangan. "Jadi, tak jarang buka pagi tutup siang karena makanan sudah habis semua. Kalau hari biasa buka sampai sore," ucapnya.

Solah harga makanan yang naik sebenarnya bukan karena memanfaatkan hari raya. "Masalahnya harga-harga bahan dagangan di pasarnya sudah mahal. Kalau dijual dengan harga biasa ya gak ada untungnya. Alhamdullilah, jualan beberapa hari ini untungnya lumayan, bisa buat pulang kampung," ujarnya. (percoyok/ak)

teks :Rumah Makam Bundo di Jalan Jatibening, Pondok Gede, Bekasi.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 13.33  

0 komentar:

Poskan Komentar