“UAD Akan Buka Perwakilan di Cina - Republika Online”

Sabtu, 28 Desember 2013

“UAD Akan Buka Perwakilan di Cina - Republika Online”


UAD Akan Buka Perwakilan di Cina - Republika Online

Posted: 28 Dec 2013 01:31 AM PST

.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Universitas Ahmad Dahlan berencana membuka perwakilan di Cina. Pendirian perwakilan di Cina merupakan respon atas tingginya minat mahasiswa Cina kuliah di UAD, serta untuk mendukung berbagai bisnis yang dikembangkan kampus ini.

Rektor UAD Kasiyarno menyatakan bahwa dengan memiliki unit usaha, UAD tidak hanya mengandalkan pemasukan dana dari mahasiswa saja tetapi dari usaha-usaha tersebut. Unit usaha yang dibangun UAD ini antara lain, membangun SPBU, membangun perumahan di Bekasi, pembangunan gedung exsekutif development center di depan Kampus I UAD untuk kegiatan pelatihan, workshop dan hotel serta pendirian Halal Foodcourt UAD di Cina ASEAN Plaza bekerjasama dengan Islamic Association di Cina.

"Tahun depan kita akan mendirikan kantor perwakilan di Cina. Nah Halal Foodcourt ini akan berkolaborasi dengan kantor perwakilan kita tersebut," katanya.

Pendirian kantor perwakilan UAD di Cina sendiri dilakukan karena minat mahasiswa China kuliah di UAD cukup tinggi. Saat ini jumlah mahasiswa asing yang kuliah di UAD sebanyak 116 orang naik signifikan dari 2012 yang hanya 99 orang. Sebagian besar mahasiswa asing di UAD berasal dari Cina.

Dari sisi layanan akademik kata Kasiyarno, 70 persen layanan akademik dan administrasi di UAD sudah menggunakan teknologi informasi. UAD telah mengembangkan komputasi awan dan bekerjasama dengan google untuk layanan tersebut. Jumlah dosen di UAD saat ini mencapai 403 orang dengan tenaga kependidikan 288 orang. 14 persen diantaranya telah bergelar doktor, 70 persen master dan sisanya tengah menempuh program Magister.

UAD juga sudah melakukan kerjasama dengan beberapa PT di berbagai negara., Pada Januari 2014 akan bekerjasama dengan PT di Belanda. Sebelumnya telah bekerjasama dengan beberappa PT di Australia, New Zeland, Malaysia, Thailand, Philipina, Mesir, Jepang dan Korea. Dari sisi riset, perkembangan penelitian di UAD sangat pesat. Tahun ini UAD mendapat hibah penelitian dari Dikti Rp 2 miliar.

Dari semua riset yang dilakukan sudah menerima hak paten kata dia, ada 10 penelitian dan lima baru dalam taraf pengajuan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.06  

0 komentar:

Poskan Komentar