“Ingin Rambah Asia Selatan, Semen Indonesia Buka Pabrik di Myanmar”

Rabu, 29 Januari 2014

“Ingin Rambah Asia Selatan, Semen Indonesia Buka Pabrik di Myanmar”


Ingin Rambah Asia Selatan, Semen Indonesia Buka Pabrik di Myanmar

Posted: 28 Jan 2014 11:29 PM PST

Jakarta -Perusahaan holding semen BUMN yaitu PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) tengah menyelesaikan rencana pendirian pabrik baru di Myanmar, dengan membentuk perusahaan patungan bersama perusahaan lokal.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Sutjipto mengatakan, pendirian anak usaha dan pabrik baru di Myanmar saat ini dalam tahap uji tuntas (due dilligence. Targetnya, pada semester I-2014 ini, anak usaha baru sudah bisa terbentuk.

"Saya targetkan sementer satu. Kita berharap sudah bisa set up satu join venture," kata Dwi pada acara BUMN Outlook 2014 di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Rencananya, Semen Indonesia akan menggandeng mitra lokal asal Myanmar, yang telah memiliki unit bisnis semen. Setelah anak usaha baru ini berdiri, Semen Indonesia menargetkan mampu memproduksi hingga 1 juta ton setiap tahunnya di Myanmar.

"Permintaan semen di Myanmar 8 juta ton. Sedangkan produksi dalam negeri 5 juta. Yang 5 juta itu dari banyak perusahaan. Kita incar 1 juta," jelasnya.

Namun Dwi masih enggan menyebut nama mitra dan jumlah investasi yang akan digelontorkan untuk pendirian perusahaan baru ini. "Yang mau digandeng belum bisa dibuka," jelasnya.

Nantinya pasar Myanmar bakal dijadikan hub atau penghubung pasar produk semen ke negara Asia Selatan. Sementara anak usaha Semen Indonesia di Vietnam yakni Semen Tang Long difokuskan melayani pasar Asia bagian Barat.

"Kita akan menjadi pemain terbesar. Kita punya kemampuan finansial ketika mengetahui kondisi di sana. Di Myanmar kita kembangkan Asia Selatan ke Bangladesh. Kalau Vietnam itu hub bagian barat," terangnya.

(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.09  

0 komentar:

Poskan Komentar