“Demokrat Klaim Konvensi Buka Kesempatan Tokoh Non Parpol ... - BeritaSatu”

Rabu, 12 Februari 2014

“Demokrat Klaim Konvensi Buka Kesempatan Tokoh Non Parpol ... - BeritaSatu”


Demokrat Klaim Konvensi Buka Kesempatan Tokoh Non Parpol ... - BeritaSatu

Posted: 12 Feb 2014 09:07 AM PST

Surabaya – Partai Demokrat (PD) membuka kesempatan bagi tokoh non partai politik (parpol) untuk menjadi calon presiden (capres).

Buktinya, banyak tokoh non parpol diundang menjadi peserta konvensi capres PD.

"Capres PD tidak harus kader internal. Ada tokoh akademisi, teknokrat tidak berpartai, tapi mereka bagus. Karena itulah digelar konvensi," kata Wakil Ketua Umum DPP PD Nurhayati Ali Assegaf saat dihubungi dari Surabaya, Jawa Timur, Rabu (12/2).

Dia menyatakan, pada pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) 2019, partainya juga berpeluang menetapkan capres lewat konvensi. "Jadi tidak hanya sekarang saja konvensi dilaksanakan, tapi akan berkelanjutan," tegas Ketua Fraksi PD DPR ini.

Dia menambahkan, partainya sangat mengutamakan kepentingan nasional. "Tokoh yang tidak berpartai pun bisa diberi kesempatan. Semua untuk kepentingan rakyat bangsa dan negara, bukan kepentingan PD," imbuhnya.

Menurutnya, banyak parpol yang masih mengusung kader internal bahkan ketum sebagai capres. "Orang kan banyak berpikir, kalau mau jadi capres harus masuk partai atau menjabat ketum. Kemudian, ada partai yang didirikan, lalu ketum-nya jadi capres, tidak beri kesempatan ke yang lain," sindir Juru Bicara PD ini.

Sekadar diketahui, konvensi PD memang diikuti sejumlah tokoh non parpol. Adapun tokoh itu adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Masykur Musa, mantan Panglima TNI Endriartono Sutarto dan Rektor Universitas Paramadina Anies Rasyid Baswedan.

Seluruh tokoh bakal bersaing dengan kader internal seperti Wakil Ketua Majelis Tinggi PD Marzuki Ali dan tiga anggota Dewan Pembina PD yaitu Pramono Edhie Wibowo, Hayono Isman dan Sinyo Harry Sarundajang.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.22  

0 komentar:

Poskan Komentar