“Lahan untuk Foxconn di Marunda Berstatus Sewa - Tempo.co”

Minggu, 23 Februari 2014

“Lahan untuk Foxconn di Marunda Berstatus Sewa - Tempo.co”


Lahan untuk Foxconn di Marunda Berstatus Sewa - Tempo.co

Posted: 23 Feb 2014 12:59 PM PST

Berita Terkait

TEMPO.CO , Jakarta - Lahan seluas 120 hektare yang disiapkan Kawasan Berikat Nusantara di Marunda, Jakarta Utara, untuk Foxconn Technology Group ternyata masih berstatus sewa. Namun, hal itu bisa berubah tergantung kesepakatan dengan perusahaan komponen elektronik asal Taiwan itu nantinya. "Belum ada kepastian soal itu karena masih dibahas bersama. Namun, pada prinsipnya, kami menyewakan lahan ya (untuk usaha)," ujar Sekretaris Perusahaan Kawasan Berikat, Piri Oemry, ketika dihubungi Tempo, Jumat, 21 Februari 2014.

Disiapkannya lahan untuk Foxconn terkait dengan rencana investasi senilai US$ 1 miliar (Rp 12 trilun) perusahaan asal Taiwan itu. Direktur Foxconn Terry Gou sudah menandatangani letter of Intent dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menggulirkan rencana investasi ini. (Baca juga : Trik Jokowi Menggaet Foxconn)

Kepada Foxconn, Jokowi menjanjikan lahan seluas 200 hektare di Marunda, Penjaringan, Jakarta Utara. Namun, untuk saat ini, baru tersedia 120 hektare lahan dari Kawasan Berikat. Rencananya, sisa 80 hektare akan ditambah melalui proyek reklamasi. (Lihat juga : Jokowi : April, Sketsa Pabrik Foxconn Digambar)

Piri mengatakan, belum adanya kepastian soal lahan untuk Foxconn ini karena adanya sejumlah permintaan dari mereka. Beberapa permintaan itu seperti lahan digratiskan serta keringanan pajak. "Jadi, belum banyak informasi yang bisa saya berikan karena ini masih dalam pembahasan,"ujar Piri menegaskan. (Berita terkait : Sultan Buka Pintu Investasi Foxconn di Yogyakarta)

Piri menambahkan, misalkan lahan itu pada akhirnya akan disewa Foxconn, berapa besar nilai sewanya pun belum diketahui. Nilai sewa lahan berbeda-beda tergantung luas dan kegunaannya. "Tapi saya rasa nggak sampai miliaran ya,"ujarnya.

Walikota Jakarta Utara Heru Budi Hartono justru mengatakan bahwa lahan untuk Foxconn tidak dijual tapi dalam bentuk kerjasama sewa. "Tapi itu masih dalam tahap pembicaraan," Heru juga menuturkan bahwa lahan Foxconn ini akan masuk dalam bagian Kawasan Ekonomi Khusus Marunda. (Artikel terkait : BPKM: Izin buat Foxconn Bisa Keluar dalam 3 Hari)

Berdasarkan foto yang didapat Tempo, lahan untuk Foxconn belum pernah dipakai sama sekali. Lahan itu masih kosong dengan ilalang di segala penjuru. Rencananya, di atas lahan kosong itu tak akan dibangun pabrik saja tetapi juga gudang, perkantoran, serta departemen riset dan pengembangan. Namun, seperti apa desainnya, sampai saat ini belum ada.

ISTMAN MP

Terpopuler :
Mengapa Path Batasi Pertemanan Penguna 150 Orang?

Beli WhatsApp Rp 223,6 T, Berapa Kekayaan Zuckerberg?

Path Pertimbangkan Hadir di Windows Phone

Jumlah Saham Bakrie di Path Tidak Sampai 1 Persen

Whatsapp Diakuisisi Facebook, Path Tidak Dijual

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.47  

0 komentar:

Poskan Komentar