“Mabes Polri Limpahkan Berkas Kasus Bos Timah Asal Babel ... - Tribunnews”

Jumat, 04 April 2014

“Mabes Polri Limpahkan Berkas Kasus Bos Timah Asal Babel ... - Tribunnews”


Mabes Polri Limpahkan Berkas Kasus Bos Timah Asal Babel ... - Tribunnews

Posted: 04 Apr 2014 01:46 AM PDT

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepolisian sudah melimpahkan berkas penyidikan kasus tambang ilegal yang dilakukan bos timah asal Bangka Belitung Rus alias AM.

Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Kombes Pol Alex Mandalika mengatakan bahwa Rus alias AM melanggar
Pasal 161 Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Mineral dan Batu Bara (Minerba).

"Jadi pemegang IUP (Izin Usaha Pertambangan) melakukan operasi produksi, menampung, mengelola tanpa dilindungi dokumen yang sah," ungkap Alex di Mabes Polri Jakarta Selatan, Jumat (4/4/2014).

Kepolisian pada saat itu melakukan penggerebekan di gudang milik Rus alias AM yang terletak di Jalan Teladan RT 7 RW 3 Kelurahan Togowali. Bangka Belitung.

Dalam penggerebekan tersebut kepolisian berhasil menyita timah basah sebanya 4275 kilo gram, timah kering 8202 kilo gram, satu timbangan, satu timbangan duduk, satu timbangan besar, dua uni alat pencuci pasir timah, dua mesin pompa air, dan satu mobil pick up. Rus alias AM mendapatkan bijih timah dengan menampung dari para penambang liar.

"Perkara sudah kita kirim tahap pertama, saat ini tersangka ditahan," ujarnya.

Kepolisian tidak akan berhenti dalam proses penegakan hukum kasus tersebut. Meskipun berkasnya penyidikannya sudah diberikan kepada jaksa, tetapi tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru dalam kasus tersebut.

"Masih kita kembangkan, karena untuk Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) itu misal berkas sudah kita naikan (ke jaksa) itu belum harga mati tersangkanya itu saja, jika dikemudian hari ditemukan bukti baru ada keterlibatan yang lain kita buka kembali," ungkapnya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.18  

0 komentar:

Poskan Komentar