“UWGM Buka Prodi Informatika dan Planalogi - Kaltim Post”

Selasa, 29 Juli 2014

“UWGM Buka Prodi Informatika dan Planalogi - Kaltim Post”


UWGM Buka Prodi Informatika dan Planalogi - Kaltim Post

Posted: 29 Jul 2014 09:30 AM PDT

SAMARINDA – Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM) Samarinda terus meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Sampai saat ini, sudah dua fakultas yang meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dua fakultas itu adalah Fakultas Hukum yang meraih akreditasi pada November 2013 dan Bahasa Inggris yang mendapatkan akreditasi pada Januari 2014 lalu.

Nah, rencananya kampus yang biasa disebut kampus biru ini akan membuka dua program studi baru. Yakni program studi (prodi) Informatika dan prodi Planalogi (tata ruang).

Rektor UWGM Samarinda, Prof Dr H Abdul Rachim AF menjelaskan, kedua prodi itu tinggal menunggu hasil moratorium pendirian dan perubahan bentuk perguruan tinggi serta pembukaan program studi baru yang diberlakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Kemendikbud). "Yang jelas prodi yang kami tawarkan berbeda dengan kampus lain," tutur Rachim.

Untuk prodi Informatika, UWGM menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. "Kami menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka, kini hanya tinggal menunggu keputusan moratorium Dirjen Kemendikbud saja," ujarnya lagi. Bagaimana dengan prodi Planalogi? Ditegaskannya, prodi Planalogi (Tata Ruang) merupakan prodi terbaru bahkan pertama di Bumi Etam. "Ini satu langkah maju bagi UWGM dan Kaltim tentunya," kata dia. 

Yang pasti, UWGM terus berupaya untuk meningkatkan kualitas, baik SDM dosen dan tentunya lulusannya. Menurut Rachim, untuk itu dalam lima tahun terakhir, semua lulusan UWGM dibekali dengan mata kuliah tambahan yang wajib diikuti semua mahasiswa.

"Yakni mata kuliah kewirausahaan. Ini kami lakukan agar lulusan UWGM tidak menjadi sarjana pengangguran, melainkan dapat membuka usaha dalam menciptakan lapangan kerja baru," tegasnya.

Ia sendiri yakin, usaha ini akan berbuah manis dan bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat dan Indonesia serta Kaltim dan mampu menghadapi ASEAN Economic Community 2015 mendatang. (*/rif/iza/dwa/k9)
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.19  

0 komentar:

Poskan Komentar