“Hipmi-Turki Buka Trading House - Suara Merdeka CyberNews”

Rabu, 06 Agustus 2014

“Hipmi-Turki Buka Trading House - Suara Merdeka CyberNews”


Hipmi-Turki Buka Trading House - Suara Merdeka CyberNews

Posted: 06 Aug 2014 08:23 AM PDT

image

FOTO BERSAMA: Ketua Umum BPD Hipmi Jateng M Reza Tarmizi bersama pengurus Hipmi berfoto bersama General Secretary Turkish Indonesian Trade Association, Ismail Cakmak dan Vice Chairman Pasiad Huseyin Kan. (suaramerdeka.com/Fista Noviant

SEMARANG, suaramerdeka.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jateng bekerja sama dengan Turkish Indonesian Trade Association (TITA) akan membuka Trading House di Istanbul Turki.

Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi Jateng M Reza Tarmizi menuturkan, Hipmi bekerja sama dengan perkumpulan bisnis asal Turki (TITA) akan membuka Trading House di Istanbul Turki. Trading House atau badan promosi tersebut merupakan bagian dari upaya pengembangan jaringan pasar produk Jateng ke pasar internasional.

"Nantinya seluruh potensi unggulan yang dimiliki Jateng bisa diperdagangkan di Turki. Begitu sebaliknya, di sekretariat Hipmi juga membuka informasi dari Turki. Diharapkan keberadaan Trading House ini bisa menjadi sarana untuk menarik investasi dari Turki menuju Jateng," tuturnya saat menerima kunjungan General Secretary Turkish Indonesian Trade Association, Ismail Cakmak di Menara Suara Merdeka, Rabu (6/8).

Sebenarnya, kata dia, banyak potensi unggulan terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jateng yang mampu menembus pasaran internasional. Namun sayangnya kalangan pengusaha belum mempunyai jaringan untuk memasarkan produknya. Hipmi Jateng akan memfasilitasi para pengusaha yang memiliki produk unggulan agar bisa menembus pasar Turki.

"Hal-hal semacam itulah yang akan kita garap serius sehingga produk yang mereka miliki bukan hanya dipromosikan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Apalagi dalam menghadapi Masyakarat Ekonomi ASEAN atau pasar bebas ASEAN 2015 nanti," ujarnya.

Kunjungan tersebut juga dihadiri segenap pengurus Hipmi dan Vice Chariman Pasific Countries Social and Economic Solidarity Association (Pasiad) Huseyin Kan. Sementara itu, Ismail menyambut antusias kerja sama tersebut. TITA, kata dia, merupakan asosiasi yang berafiliasi dengan Kadin Indonesia-Komite Turki di Jakarta dan TUSKON di Turki.

Menurut dia, Indonesia dan Turki merupakan negara yang mempunyai potensi besar dalam bidang ekonomi. Sejak 2005, hubungan perdagangan Turki-Indonesia menunjukkan perkembangan cukup baik. Tahun 2012 menunjukkan bahwa ekspor Indonesia-Turki sebesar 1,8 miliar dolar AS berbanding ekspor Turki-Indonesia sebesar 244 juta dolar AS.

"Diharapkan kerja sama Turki dengan Jateng ini dapat terus terjalin dengan pembukaan Trading House," harap dia.

( Fista Novianti / CN38 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.56  

0 komentar:

Poskan Komentar