“Usia 17 Tahun Bisa Kok Buka Kedai Kopi - Okezone”

Sabtu, 27 September 2014

“Usia 17 Tahun Bisa Kok Buka Kedai Kopi - Okezone”


Usia 17 Tahun Bisa Kok Buka Kedai Kopi - Okezone

Posted: 27 Sep 2014 04:20 AM PDT

Sari Insaniwati, CFP. (Foto: MRE)Sari Insaniwati, CFP. (Foto: MRE) Tanya:
Assalamualaikum Wr Wb
Saya Andy Firmansyah berusia 17 tahun, saya berencana membuka usaha kedai kopi untuk belajar berwirausaha dan tambahan uang jajan. Saya belum memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha tersebut, karena sebelumnya belum pernah bekerja.

Saya berencana meminjam uang di bank syariah dengan sistem mudharabah setelah saya cukup umur untuk memenuhi persyaratan di bank. Sebelum saya meminjam, saya akan deposito terlebih dahulu. Apakah jalan yang akan saya ambil ini benar? Atau mungkin ada yang lebih baik lagi? Mohon pencerahannya. Terima kasih

Jawab:
Waalaikum salam, Andy.
Senang rasanya mendengar ada anak muda yang sudah tertarik untuk berbisnis di usia yang masih sangat muda. Sebelum memulai suatu usaha, umumnya orang hanya terfokus pada masalah mencari modal /biaya usaha, padahal itu hanya salah satu faktor dalam rencana kita menjalankan bisnis.

Untuk memulai bisnis kedai kopi tentunya sudah dipikirkan di mana lokasinya, siapa target pasarnya, bagaimana konsep kedai (yang akan membedakan dari kedai kopi lainnya), berapa modal yang diperlukan, berapa tabungan yang sudah dimiliki, kapan akan beroperasi, dan sebagainya. 

Nah. jika itu semua sudah beres, baru kita pikirkan mengenai pembiayaan modal.

Apabila kita akan menggunakan pinjaman ke bank sebagai modal usaha, bank akan memberikan persyaratan yang cukup banyak untuk pengajuan pinjaman modal usaha, seperti: identitas (KTP, KK, Surat Nikah), Laporan Keuangan (Tabungan, Laporan keuangan perusahaan dalam dua tahun terakhir, dan seterusnya), jaminan dan lain-lain sehingga belum apa-apa kita sudah mundur teratur.
 
Untuk Andy yang masih berusia 17 tahun tentunya persyaratan tersebut sulit untuk dilengkapi dalam waktu dekat, sehingga perlu dicari alternatif untuk mendapatkan modal usaha. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal tanpa harus meminjam ke bank.

Berikut beberapa alternatifnya :
- Bekerja sebagai karyawan temporer di salah satu kedai kopi, selain menambah pengalaman juga pendapatan yang diperoleh dapat menjadi tambahan modal usaha
- Kerjasama bagi hasil dengan teman atau kerabat, sehingga bisa membagi risiko jika terjadi sesuatu dengan bisnis kita
- Mengikuti kompetisi usaha bagi pengusaha muda oleh instansi-instansi khusus, misalnya dari Bank Mandiri.

Mudah-mudahan penjelasan ini dapat memberikan pencerahan buat Andy. Selamat berwirausaha.

Sari Insaniwati, CFP
MRE Financial & Business Advisory 

Mitra Rencana Edukasi, PT I Jl Musi No.33 Cideng Gambir Jakarta Pusat 10150 I T. 021- 385 6722 I mike.sutikno@mre.co.id I  www.mre.co.id I Follow us @mreindonesia

Join  "Dare to Dream Indonesia", our free entry Program Coaching & Business Mentoring.  http://www.facebook.com/pages/Dare-to-Dream-Indonesia/11291371265
Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, danredaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi". (//mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.13  

0 komentar:

Poskan Komentar