“Buka Diklat P4S Angkatan X dan XI, Jefry Noer: Program P4S ... - Riau Terkini”

Rabu, 08 Oktober 2014

“Buka Diklat P4S Angkatan X dan XI, Jefry Noer: Program P4S ... - Riau Terkini”


Buka Diklat P4S Angkatan X dan XI, Jefry Noer: Program P4S ... - Riau Terkini

Posted: 08 Oct 2014 05:19 AM PDT

Rabu, 8 Oktober 2014 19:18
Buka Diklat P4S Angkatan X dan XI,
Jefry Noer: Program P4S Strategi Tri Zero Pemkab Kampar

Program P4S Pemkab Kampar dinilai berhasil mengentaskan kemiskinan dengan memberikan bekal ilmu kepada masyarakat. Bupati Jefry kembali buka angkatan X dan XI.

Riauterkini-SIAKHULU-Program Pusat Pelatihan Petanian Pedesaan Swadaya Masyarakat (P4S) yang saat ini sudah menasional merupakan strategi pemerintah daerah kabupaten kampar untuk mewujudkan lima pilar pembangunan kampar yang bermuara tri zero yakni Zero Kemiskinan, Zero Penggaguran dan Zero Rumah-rumah Kumuh bagi masyarakat yang bukan tulang rusuknya panjang.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Kampar H Jefry Noer,SH saat membuka diklat Program Pusat Pelatihan Petanian Pedesaan Swadaya Masyarakat (P4S) angkatan ke- X dan XI tahun 2014 di Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Rabu (8/10/14).

Lebih lanjut jefry menjelaskan bahwa program P4S ini berlatarbelakang keprihatinan yang mendalam atas kurangnya ilmu masyarakat tentang pertanian khususnya di kabupaten Kampar serta masih banyaknya pengangguran dan ekonominya menengah keatas, dimana para peserta diambil dari masyarakat yang kurang mampu dan memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk mengikutinya karena ini nantinya menjadi contoh oleh masyarakat lainnya.

Karena disamping itu bagi para peserta yang minimal usia 25 tahun ke bawah nantinya akan diikutkan sekolah Paket yang taman SD akan mengikuti Paket SMP, yang taman SMP akan diikutkan paket SMA.

Di P4S Kubang Jaya para peserta akan belajar dalam bidang Ilmu Pertanian, Peternakan dan Perikanan dengan pola 25% teory dan 75% praktek selama 15 hari. Disamping itu para peserta diajarkan juga tata cara bekerja, ibadah, olahraga dan kebersamaan karena selain dilatih oleh istruktur para ahli-ahli pertanian, peternakan dan perikanan para peserta juga dilatih oleh para anggota Kodim 0313 KPR.

Usai para peserta melaksanakan pelatihan para peserta sebanyak 142 orang tersebut dan dipulangkan, maka para peserta diharuskan membuat Kelompok Usaha Bersama dengan 9 orang anggota lainnya. Lalu mengajukan pinjaman modal usaha paling tinggi Rp 100 juta sesuai dengan bidang usahanya masing-masing yang akan dikelola dari Pemda Kampar melalui dana bergulir di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sarimadu.

Dengan demikian harapan Jefry agar para peserta P4S agar bisa mengikuti pelatihan ini dengan iklas dan sunggu-sungguh, apabila para mayarakat miskin sudah memiliki usaha dan yang menganggur sudah bekerja maka Tri Zero yang kita harapkan diakhir tahun 2015 ini insyaalah akan tercapau, sebab apabila kita ingin berobah maka kita sendirilah yang akan merobahnya baik sikap, prilaku maupun ekonomi keluarga masing-masing.***(man)


Beri tanggapan | Baca tanggapan

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.15  

0 komentar:

Poskan Komentar