“Dana Kelurahan Jadi Modal Wirausaha - Pos Kupang”

Rabu, 01 Oktober 2014

“Dana Kelurahan Jadi Modal Wirausaha - Pos Kupang”


Dana Kelurahan Jadi Modal Wirausaha - Pos Kupang

Posted: 01 Oct 2014 05:04 AM PDT

POS KUPANG.COM, MAUMERE - Pemerintah kelurahan melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM)  membuka ruang bagi masyarakat Nangameting mengembangkan usaha. Fokus  pada usaha ekonomi produktif, yaitu peternakan, pertanian dan usaha dagang. Langkah tersebut dilakukan guna menurunkan penduduk miskin dan angka pengangguran.

Hal ini disampaikan Lurah Nangameting, Jerry Moa saat ditemui Pos Kupang di ruang kerajanya, Selasa (30/9/2014). Menurut Jerry, dana pembangunan Kelurahan Nangameting saat ini sudah bergulir ke tangan masyarakat sejak tahun 2008. Modal awal yang dikelola LPM pada tahun 2008 sebesar Rp 20 juta terus berkembang hingga mencapai Rp 100 juta di awal tahun 2014.

"Selama ini banyak tudingan miring bahwa dana tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal masih minim warga perorangan maupun kelompok yang ingin mengolah dana itu untuk buka usaha. Warga lebih memilih pinjam uang di bank atau koperasi dengan jumlah yang banyak untuk sekadar senang-senang, bukan untuk modal usaha. Habis uang tidak dapat hasil apa-apa,'' ujar Jerry.

Jerry mengatakan perkembangan dana pembangunan yang kelola LPM di Kelurahan Nangameting cukup memuaskan. Meski masih dalam jumlah yang terbatas, dana yang ada telah membangkitkan puluhan pedagang kios dan 8 kelompok wirausaha.

Dia menjelaskan  dana untuk perorangan maksimal Rp 10 juta dan untuk kelompok Rp 20 juta. "Sebagian warga sangat terbantu dengan dana itu karena bunganya  hanya setengah persen, warga tidak terbebani," demikian Jerry.(jj)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.26  

0 komentar:

Poskan Komentar