“Antisipasi Tingginya Permintaan Listrik, PLN Buka Tender PLTU ... - Metro TV News”

Selasa, 02 Desember 2014

“Antisipasi Tingginya Permintaan Listrik, PLN Buka Tender PLTU ... - Metro TV News”


Antisipasi Tingginya Permintaan Listrik, PLN Buka Tender PLTU ... - Metro TV News

Posted: 02 Dec 2014 04:01 AM PST

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) membuka tender pembangkit listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) untuk pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Jawa 7.

Pembangunan PLTU berkapasitas 2 x 1.000 megawatt (MW) yang berlokasi di Bojonegara, Serang, Banten ini sebagai antisipasi pertumbuhan permintaan listrik yang tinggi di Pulau Jawa. Demikian seperti dikutip dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (2/12/2014).

PLN pun telah membuka prakualifikasi pada Senin 1 Desember 2014 bagi para pihak yang memiliki pengalaman dalam pembangunan proyek pembangkit listrik dengan cakupan dan ukuran sebanding dengan proyek yang akan dibangun yakni 2 x 1.000 MW.

Selain itu, para peserta tender harus memenuhi kualifikasi berdasarkan kriteria bisnis, teknis, finansial, dan legal. Proyek ini tidak ada fasilitas jaminan pemerintah seperti proyek percepatan sebelumnya.

Rencana pembangunan proyek ini sudah tercantum di dokumen Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2013-2022. Pembangunan pembangkit ini untuk mengantisipasi pertumbuhan permintaan listrik di Jawa yang masih tinggi yaitu sekitar 6,7 persen per tahun dan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Saat ini beban puncak tertinggi di Jawa Bali yang pernah dicapai adalah 23.900 MW.

Pembangunan proyek ini pun ditargetkan dapat dimulai pada semester I-2016 dan beroperasi pada 2020, di mana lahan pembangunan proyek tersebut sudah disediakan oleh PLN. Melalui proses tender ini, PLN dapat melakukan seleksi yang lebih kompetitif. PLN juga mengundang para calon investor potensial untuk ikut dalam tahap pra kualifikasi ini.
AHL

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.49  

0 komentar:

Poskan Komentar