“Jalan Dakwah Lewat Makanan Sehat”

Jumat, 19 Desember 2014

“Jalan Dakwah Lewat Makanan Sehat”


This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.
Want something else to read? How about 'Grievous Censorship' By The Guardian: Israel, Gaza And The Termination Of Nafeez Ahmed's Blog

Jalan Dakwah Lewat Makanan Sehat

Posted: 19 Dec 2014 01:00 AM PST

Jumat, 19 Desember 2014

Jalan Dakwah Lewat Makanan Sehat

Menengok Kantin Halal Ala Para Ustaz

SAMARINDA. Beraktivitas sebagai ustaz atau penceramah bukan berarti meninggalkan ranah duniawi. Termasuk kegiatan ekonomi. Prinsip itu yang dilakoni Ustaz Muhammad Faturrahman atau yang akrab disapa Ustaz Pink Al Koetai. Seperti yang disampaikannya kepada Sapos di kantinnya, Depot Al Koetai, di lingkungan Balai Kota, kemarin.
Dalam operasional kantin, ustaz yang selalu mengenakan jubah berwarna merah muda atau pink setiap kali berceramah tersebut, turun tangan langsung. Namun tentu tidak dengan jubah pink, melainkan dengan busana biasa. Ia melayani langsung setiap tamu yang datang tanpa penampilan mencolok, cukup dengan celana panjang dan kaus oblong biasa.
"Kami baru dua hari belakangan jualan. Bagi saya, ini menjadi media dakwah kami untuk umat," ucap Ustaz Pink di Depot Al Koetai, yang berada persis di belakang kantor Bina Teknik (Bintek) Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda itu.
Sebagai media dakwah, makanan sehat yang disajikan Depot Al Koetai dapat memperkuat jalannya demi terus bersyiar. Di sisi lain, menu yang tersedia tentu halal dan menghindarkan konsumen dari makanan dengan bahan oplosan yang berpotensi membahayakan kesehatan dan mengganggu ibadah.
"Prinsip saya adalah menghidupkan dakwah, bukan hidup dari berdakwah. Intinya jangan sampai bergantung pada umat, tetapi umat yang harus bergantung pada kita. Dan itu yang selalu ditanamkan ustaz-ustaz ternama di negeri ini," katanya.
Untuk menjalankan usaha kantin tersebut, ia mengaku belum merekrut tenaga kerja sejauh ini. Ia dibantu Ustaz Margono Al Hafiz dari Ponorogo, Jawa Timur. Mereka berdua yang memasak, sekaligus melayani pengunjung.
"Saya ini sudah lama mau buka usaha, tapi bingung mau usaha apa. Kebetulan ketemu dengan Ustaz Margono Al Hafiz ini, dan kami berdua berinisiatif untuk membuka kantin dengan menu andalan daging kelinci. Kebetulan dia sudah sangat berpengalaman dalam usaha dagang. Jadi kami berdua patungan modal. Alhamdulillah, ternyata disambut baik masyarakat," ungkapnya.
Apalagi berlokasi di areal kompleks Balai Kota, kantinnya selalu ramai pada jam makan siang.
"Kita juga siapkan sate ayam bagi yang tidak bisa makan sate kelinci. Yang jelas, kami ingin menyajikan makanan yang halal," tegasnya.
Adapun daging kelinci dijadikan pilihan karena dinilai masih unik bagi warga Samarinda. Pun masih jarang yang menjual daging kelinci. Satu-satunya hanya ada di wilayah Palaran. Ditambah lagi, daging kelinci disebutnya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Seperti menyembuhkan penyakit diabetes maupun menambah kesuburan bagi wanita. Maklum, kelinci termasuk salah satu binatang peliharaan yang bersih dan hanya mengkonsumsi daun hijau yang masih segar.
"Makanya kenapa kami sebut jalan dakwah, karena ini juga untuk membantu masyarakat. Kami juga punya langganan dengan para peternak kelinci. Jadi kami bisa bantu mereka dengan membeli kelinci hasil ternak mereka. Apalagi Pak Wali Kota (Syaharie Jaang, Red) punya program ketahanan pangan dengan menjadikan kelinci sebagai daging alternatif," pungkas Ustaz Pink. (yes/lee)

  • Jumat, 19 Desember 2014
Hari Ini Sebelumnya
Uzi
Senin, 28 Oktober 2013 16:42:2

pak Pol.. alangkah lebih abik jika untuk pembelajaran bagi pelaku balap liar, motornya di hancurkan…

anonymous
Senin, 28 Oktober 2013 12:13:3

Tolong donk buat pemkot kita nie perhatiin soal parit^ juga kali ga mesti jalanan aj xg ditinggiin klo…

arnafani
Sabtu, 19 Oktober 2013 08:54:1

Sekedar usulan buat dishub kota samarinda. Untuk kendaraan yg mau masuk ke jl.otista melalui jemb.ar.hakim…

Didi
Jumat, 19 Juli 2013 02:41:57

Anak-anak alay yang ngebut naik motor habis tarawih dan membahayakan orang-orang yg kebanyakan baru…

kussadi
Selasa, 16 Juli 2013 09:00:15

tolong dong pak walikota berikan kami air bersih/pdam yang sudah beberapa bulan ini mati di perumahan…

Muriono
Selasa, 16 Juli 2013 00:31:56

Waspada bulan Ramadhan terhadap Pencurian kendaraan R2,Penjambretan sepulang dari Bank,kontrol Kunci…

badui ismail
Minggu, 14 Juli 2013 17:36:23

Kepada pemerhati hukum di samarinda,mau tanya apa boleh seorang pejabat yg sdh pernah dijatuhi hukuman…

yanasib
Sabtu, 13 Juli 2013 04:18:46

buat pemkot samarinda,tolong di tegur/di tindak tegas bagi pekerja alat berat yg berada di jalan padat…

ari
Senin, 8 Juli 2013 06:22:07

knp pemasangan air diGunung Lingai sampai dikenakan biaya sampai 3.500.000 ? pdhl intek air hanya sktr…

yudi
Jumat, 5 Juli 2013 10:56:28

bagi yang melihat plat no kendaraan KT 5866 DS , new jupiter mx putih tolong hub:082254195335 , karena…

Diposkan oleh iwan di 13.07  

0 komentar:

Poskan Komentar