“Pemprov Jatim akan Buka Usaha Mandiri bagi Ribuan Mantan TKI - Surya”

Kamis, 01 Januari 2015

“Pemprov Jatim akan Buka Usaha Mandiri bagi Ribuan Mantan TKI - Surya”


Pemprov Jatim akan Buka Usaha Mandiri bagi Ribuan Mantan TKI - Surya

Posted: 01 Jan 2015 05:45 AM PST

SURYA Online, SURABAYA – Pemprov Jatim akan memfasilitasi pembuatan usaha mandiri bagi mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang dipulangkan ke tanah air dan masih menganggur alias tidak punya pekerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim Edi Purwinarto mengatakan, sepanjang tahun 2014 terdapat 7.100 TKI ilegal asal Jatim yang dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Dari jumlah itu, dipastikan sebagian besar di antaranya akan menganggur.

"Untuk menekan jumlah pengangguran itu, kami akan memfasilitasi usaha mandiri untuk para mantan TKI," ujarnya, Kamis (1/1/2015).

Menurut Edi, untuk mewujudkan program tersebut, Pemprov telah mengirimkan Surat Edaran (SE) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) 38 kabupaten/kota di Jatim.

Isinya, Gubernur minta Disnaker masing-masing kabupaten/kota diminta segera melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan maupun Dinas UMKM setempat untuk memfasilitasi pendirian usaha mandiri bagi mantan TKI.

"Dengan begitu mereka tidak akan menganggur dan punya sumber penghasilan lagi setelah kembali dari merantau di negeri orang," jelasnya.

Selain itu, banyaknya jumlah TKI asal Jatim yang bekerja di luar negeri juga disikapi Pemprov dengan membuka koperasi khusus untuk mereka yang purna TKI. Koperasi khusus ini menjadi wahana mengembangkan usaha di kampung halaman masing-masing.

"Agar koperasi yang dibuka sesuai tujuan yang diharapkan, Disnakertransduk memberikan pelatihan, pendampingan, dan pengawasan," kata Edi.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.06  

0 komentar:

Poskan Komentar