“Sukses di Pontianak, BI Ingin Buka Inkubator Bisnis di Semua Provinsi - BeritaSatu”

Jumat, 30 Januari 2015

“Sukses di Pontianak, BI Ingin Buka Inkubator Bisnis di Semua Provinsi - BeritaSatu”


Sukses di Pontianak, BI Ingin Buka Inkubator Bisnis di Semua Provinsi - BeritaSatu

Posted: 30 Jan 2015 09:21 AM PST

Pontianak - Bank Indonesia (BI) menargetkan membuat inkubator bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan wujud komitmen BI untuk mengasah kreatifitas dan inovasi pelaku usaha pemula untuk berkembang.

"Iya akan bangun inkubator di semua provinsi yang dimulai pada tahun ini" ujar Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara usai mengunjungi inkubator bisnis UMKM BI di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A, Pontianak, Jumat (30/1).

Kepala Kantor Perwakilan BI Kalimantan Barat (Kalbar) Dwi Suslamanto menjelaskan, inkubator bisnis UMKM BI menfasilitasi masyarakat yang ingin belajar bisnis dengan konsultasi bisnis, gerai kemasan, virtual office, perpustakaan, dan media cetak promosi. Inkubator tersebut berada di kantor lama perwakilan BI.

Pada Jumat (30/1), Kantor Perwakilan BI mengadakan wisuda inkubator bisnis untuk angkatan 6 yang berjumlah 29 orang. Serta membuka kelas baru untuk angkatan 7. Setiap peserta yang akan diwisuda wajib menyelesaikan beberapa syarat terlebih dahulu.

"Apabila para lulusan belum mempunyai usaha yang berbadan hukum, belum bisa diwisuda," ujar Dwi.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Pontianak Sutarmidji menuturkan, UMKM yang tidak berinovasi akan sulit bersaing. Pemerintah kota (Pemkot) akan mendorong para pelaku usaha berinovasi dengan bahan baku yang tersedia dari lokal, seperti tanaman lidah buaya.

"Pemkot akan terus memperhatikan agar semakin banyak masyarakat yang berusaha semakin baik. Pemkot juga akan menggelar lomba untuk desain produk," katanya.

Secara umum, Pemkot Pontianak dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi diupayakan berbagai langkah. Seperti, memperbaiki infrastruktur jalan, pemutihan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) agar mempermudah akses ke bank, dan mempermudah berbagai izin usaha.

Penulis: Margye J Waisapy/AF

Recommended article: Chomsky: We Are All – Fill in the Blank.
This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.35  

0 komentar:

Poskan Komentar