“72% Lulusan BLK Buka Usaha - Radar Pekalongan Online”

Jumat, 20 Februari 2015

“72% Lulusan BLK Buka Usaha - Radar Pekalongan Online”


72% Lulusan BLK Buka Usaha - Radar Pekalongan Online

Posted: 19 Feb 2015 07:01 PM PST

Mayoritas lulusan pelatihan yang digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) milik Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disnakertrans) Kendal, membuka usaha mandiri. Hal ini menjadikan BLK sebagai salah satu tempat yang sangat potensial dalam mengurangi jumlah pengangguran, dengan memberikan ketrampilan khusus bagi masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Kendal, untuk dapat membuka usaha sendiri.

Kepala BLK, Sinung, mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, hampir 72 persen dari lulusan BLK, kemudian banyak yang membuka usaha sendiri di berbagai sektor seperti menjahit, otomotif sepeda motor, las, maupun instalasi listrik. "Memang sebagian besar setelah lulus dari sini, mereka membuka usaha sendiri. Sedangkan sisanya, memilih untuk bekerja di pabrik," ujarnya.

Menurut Sinung, keinginan dari warga untuk mengikuti pelatihan yang digelar oleh BLK cukup besar. Meski BLK baru beroperasi sekitar dua tahunan, namun setiap ada pelatihan, banyak warga yang tertarik untuk menjadi pesertanya. "Tahun ini rencananya kami akan kembali menggelar pelatihan dalam bidang jahit menjahit, elektronik, perbengkelan, dan tata rias," bebernya.

Tiap tahun, BLK selalu membuka pelatihan yang bisa diikuti warga Kendal yang ingin memiliki keterampilan tertentu. "Khusus bidang jahit menjahit, masih banyak peluang terutama dari industri garmen besar yang ada di Ungaran. Bahkan kami cukup kewalahan untuk menerima permintaan pekerja dari industri garmen itu," katanya. (yog)

Penulis: Muhammad Arif Prayoga | Radar PekalonganWidodo Lukito

30 total views, 30 views today

Baca Berita Lainnya:

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 14.13  

0 komentar:

Poskan Komentar