“Kualitas Prima untuk Restoran Dandito, Ikon Khas Balikpapan”

Jumat, 13 Februari 2015

“Kualitas Prima untuk Restoran Dandito, Ikon Khas Balikpapan”


Kualitas Prima untuk Restoran Dandito, Ikon Khas Balikpapan

Posted: 13 Feb 2015 01:13 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat berkunjung ke Balikpapan, Kalimantan Timur, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi restoran Kepiting Dandito. Terkenal karena kelezatannya, restoran ini sudah menjadi ikon kota Balikpapan.

"Balikpapan ya Kepiting Dandito," kata Rudy Setiawan, Pemilik restoran Kepiting Dandito.

Rudy bercerita, kesuksesan restoran Kepiting Dandito ini tidak terlepas dari kerja keras dan perjuangan panjangnya. Saat memulai usaha, berbagai kegagalan dialami Rudy.

"Lebih dari sepuluh kali saya berganti usaha. Mulai dari jual nasi pecel, nasi campur, sate, sembako, jual pakaian dan lain-lain, baru berhasil di bisnis restoran kepiting ini. Itu pun tidak langsung besar. Banyak sekali lika-likunya," ujar Rudy.

Kegagalan tidak membuat Rudy menyerah. Namun, untuk memulai usaha kembali, ia kesulitan memperoleh modal. "Beruntung ada relasi yang bersedia meminjamkan dana untuk modal, seperti tetangga, pengusaha kaca, pengusaha cuci motor hingga pedagang pasar yang telah lama menjadi kawan," ungkap Rudy.

"Modal yang dipinjamkan tidak berupa uang tapi beras, sayuran, semuanya. Satu-satunya yang beli untuk buka usaha ini hanya kepiting tapi cuma 2-5 kg," cerita pria yang percaya pada kekuatan relasi ini.

Memulai bisnis restoran kepiting tersebut, Rudy berulang kali melakukan eksperimen untuk dapat menciptakan bumbu masakan kepiting yang lezat. Setelah beberapa kali bereksperimen dan mendapat masukan dari para konsumennya, terciptalah resep kepiting saus Dandito yang populer itu.

Hidangan yang namanya diambil dari nama putranya ini berhasil membuat restorannya terkenal. Kemudian diikuti dengan menu-menu populer lainnya yang tak kalah nikmat, seperti kepiting saus tiram, kepiting asam manis, kepiting lada hitam, kepiting goreng mentega, kepiting rebus masak tim, kepiting goreng bawang putih dan kepiting asparagus.

Pengunjung di restorannya pun semakin ramai. Rudi kemudian membuka cabang khusus Dandito Premium di Hotel Hakaya Plaza yang lokasinya dekat dengan bandara. Ke depannya, Rudy menginginkan restorannya dapat terus mempertahankan kualitas primanya dan memperoleh sertifikat ISO.

Patner Rudi Dalam Bertransaksi

Untuk mempermudah transaksi pembayaran pelanggannya, Rudy menyediakan fasilitas EDC BCA (Mesin gesek kartu kredit/debit) di restorannya. Ia pun telah menggunakan fasilitas Klik BCA untuk bertransaksi sehari-hari.

"Layanan di BCA sangat menyenangkan, terutama jika saya datang ke Kantor Cabang BCA Balikpapan. Semua karyawannya ramah-ramah, layananannya cepat dan solutif," ceritanya tentang layanan BCA.

BCA Senantiasa di Sisi Anda

(Rudy Setiawan / Galery foto Kepiting Dandito)

(Adv)

Recommended article: Chomsky: We Are All – Fill in the Blank.
This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.10  

0 komentar:

Poskan Komentar