“Mau Tahu Hari Baik Menikah, Buka Usaha Ala Primbon Jawa? Di ... - Bisnis Indonesia”

Sabtu, 28 Februari 2015

“Mau Tahu Hari Baik Menikah, Buka Usaha Ala Primbon Jawa? Di ... - Bisnis Indonesia”


Mau Tahu Hari Baik Menikah, Buka Usaha Ala Primbon Jawa? Di ... - Bisnis Indonesia

Posted: 26 Feb 2015 10:58 PM PST

Bisnis.com, JAKARTA - Mau menentukan hari baik untuk menentukan waktu hajatan penting seperti pernikahan, mendirikan rumah, membuka usaha atau hajatan lainnya, tempat ini mungkin bisa menjadi alternatif, terutama bagi mereka yang masih mempercayai Primbon Jawa.

Radyapustaka Solo, museum tertua di Tanah Air, meluncurkan layanan "Ramalan Zodiak Berdasarkan Primbon Jawa".

Menurut Ronggo Djati Sugiatno, Koordinator Mitra Museum Radyapustaka, layanan Ramalan Zodiak dibuka Selasa sampai Ahad pukul 09.00 - 14.00 WIB.

"Melayani mengenai perbintangan, sampai mencari hari baik untuk mereka yang memiliki hajat seperti pernikahan, mendirikan rumah, membuka usaha dan lain-lain. Memang semua hari itu baik, tetapi ada yang lebih baik lagi bagi mereka yang percaya dengan perhitungan ramalan zodiak," katanya.

Ronggo menjelaskan Ramalan Zodiak ini tidak menyangkut hal tersebut saja, tetapi juga bisa untuk para petani yang akan memulai menanam padi, jagung dan lain-lain dan ramalan itu ada di "Buku Among Tani dengan tulisan Bahasa Jawa tahun 1870,".

"Naskah-naskah Jawa Kuno yang tersimpan di Museum Radyapustaka jumlahnya cukup banyak, dan ini satu persatu mulai dipelajari dan dimanfaatkan untuk masyarakat," ujarnya.

Ketua Komite Museum Radyapustaka Solo, Purnomo Subagio menambahkan museum yang dikelolanya mempunyai koleksi naskah kuno 377 buah dan naskah Jawa cetak 1.054 buah, sebagian besar masih tersimpan rapi di almari buku dan belum banyak diungkap mengenai isi naskah tersebut.

"Kami berharap melalui legiatan-kegiatan tersebut sedikit-sedikit bisa diungkap bagi mereka yang percaya, silahkan untuk datang," katanya.(Antara)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.30  

0 komentar:

Poskan Komentar