“Nasihat Jokowi Buat Mahasiswa Bila Ingin Jadi Wirausahawan”

Kamis, 12 Maret 2015

“Nasihat Jokowi Buat Mahasiswa Bila Ingin Jadi Wirausahawan”


Nasihat Jokowi Buat Mahasiswa Bila Ingin Jadi Wirausahawan

Posted: 12 Mar 2015 12:46 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada para mahasiswa untuk lebih berfikir inovatif terutama dalam menciptakan lapangan kerja.

Adapun cara untuk menciptakan lapangan kerja dengan mendorong para mahasiswa untuk lebih menjadi wirausaha bukan menjadi pekerja di sebuah perusahaan.

"Jangan menunggu lulus, tidak usah, sambil kuliah sambil kerja (berwirausaha), telat nanti kalau nunggu lulus," kata Jokowi di Jakarta Convention Centre (JCC) dalam accara Gerakan Kewirausahaan Nasional 2015, Kamis (12/3/2015).

‎Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses Jokowi berpesan kepada para mahasiswa untuk tidak pernah takut gagal. Dijelaskannya ujtuk mendaptkan kesuksesan bisnis tidaklah selalu didapat dengan instan.

"Saya titip kalau masuk ke sebuah usaha, jangan banyak mikir, jadi mahasiswa yang ingin masuk ke dunia usaha, msuklah dulu, nanti kalau jatuh bagaimana?, bangkit lagi, tidak usah berfikir takut-takut," ujarnya.

‎Jika nantinya sudah masuk di dunia usaha, dan sudah menghasilkan keuntungan, sebagai pengusaha dirinya tidak lupa mengingatkan untuk selanjunya membuat pembukuan keuangan agar ke depan terus berkembang.

Dengan berbagai inovasi produk yang dibuat‎ para wirausaha muda tersebut Jokowi mengaku takjub, mengingat pada eranya saat itu, belum ada pola-pola pemikiran seperti anak-anak sekarang.

"Pas jaman saya usaha itu yang ada ya itu-itu saja‎, kita sebagai orang-prang jadul ini belum ada pemikiran buka usaha yang macem-macam seperti ini," tegasnya.

Seperti diketahui, Gerakan Wirausaha Nasional 2015 yang diselanggarakan Bank Mandiri ini menjadi kegiatan tahunan yang sudah berjalan sejak 2007. Dalam Mandiri Young Entrepreneur ini telah diikuti sebanyak 9000 calon wirausahawan dan telah terseleksi 107 sebagai finalis.

Di hadapan Presiden Jokowi kali ini, dari 107 finalis telah diumumkan sebanyak 30 orang menjadi pemenang dengan masing-masing pemenang mendapat uang binaan dari Bnak Mandiri mencapai Rp 500 juta. (Yas/Nrm)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.52  

0 komentar:

Poskan Komentar