“Pemprov Banten Fasilitasi Pelaku Usaha Buka Gerai Pangan Lokal ... - Suara Pembaruan”

Minggu, 24 Mei 2015

“Pemprov Banten Fasilitasi Pelaku Usaha Buka Gerai Pangan Lokal ... - Suara Pembaruan”


Pemprov Banten Fasilitasi Pelaku Usaha Buka Gerai Pangan Lokal ... - Suara Pembaruan

Posted: 24 May 2015 09:48 AM PDT

Pemprov Banten Fasilitasi Pelaku Usaha Buka Gerai Pangan Lokal di Mal
Minggu, 24 Mei 2015 | 23:24

[TANGERANG] Untuk mempromosikan potensi sumber daya pangan lokal di Banten, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten  memfasilitasi para pelaku usaha di bidang pangan lokal untuk membuka  gerai pangan lokal di dua mal di wilayah Banten yakni Supermall Karawaci Tangerang, dan Mall of Serang di Kota Serang.
 
Gerai Pangan Lokal Banten ini secara resmi di-launching oleh  Pelaksana Tugas (Plt)  Gubernur Banten Rano Karno, di Supermall Karawaci Tangerang, Sabtu (23/5).
 
Gerai Pangan Lokal dibuka di mal ini bertujuan untuk mempercepat program penurunan konsumsi beras dan peningkatan konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.
 
"Gerai ini juga sebagai bahan promosi berbagai bahan pangan lokal nonberas dan nonterigu hasil kerja pelaku usaha di Banten kepada masyarakat luas,"  jelas Rano Karno.
 
Menurut Rano,  program gerai pangan lokal Banten yang hadir di mal ini juga bertujuan memfasilitasi Kelompok Wanita  Tani (KWT) dan pelaku usaha pangan lokal serta Asosiasi Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) binaan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP)  Provinsi  Banten dalam hal pemasaran serta memperluas jaringan usaha.
 
"Pemprov Banten melalui BKPP Provinsi Banten dapat memberikan kontribusi dalam rangka implementasi Perpres 22 Tahun 2009 dan Pergub Nomor 9 Tahun 2010 tentan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan.  Gerai pangan lokal Banten dapat mempersiapkan masyarakat/pelaku usaha guna mendorong meningkatkan daya saing produksi pangan lokal menjelang pelaksanaan MEA 2015," ungkap Rano.
 
Sementara itu, Kepala BKPP Provinsi Banten yang sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara Launching Gerai Pangan Lokal Agus M Tauhid mengungkapkan bahwa sasaran dari pengelolaan Gerai Lokal Pangan adalah KWT, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), LDPM, kelompok lumbung pangan masyarakat, serta kelompok perintis.
 
"Fasilitasi sewa Gerai Pangan Lokal selama satu  tahun untuk tahap penumbuhan dan jika berkembang akan diinvestasi untuk tahap selanjutnya sampai dengan tahap kemandirian sebagai lembaga usaha pangan masyarakat " kata Agus Tauhid.
 
Agus mengungkapkan, Gerai Pangan Lokal dibuka  di dua tempat yaitu di Supermall Karawaci Tangerang serta  Mall of Serang Kota Serang. Dengan pertimbangan,  bahwa tempat tersebut merupakan mall dengan cakupan kunjungan konsumen dan pengunjung tertinggi dari kabupaten/kota se-Provinsi Banten. [149/N-6]
 

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.31  

0 komentar:

Poskan Komentar