“7 Tahapan Sukses Buka Kedai Kopi - joss (Siaran Pers)”

Minggu, 28 Juni 2015

“7 Tahapan Sukses Buka Kedai Kopi - joss (Siaran Pers)”


7 Tahapan Sukses Buka Kedai Kopi - joss (Siaran Pers)

Posted: 27 Jun 2015 11:06 PM PDT

JOSS.TODAY - Usaha kuliner masih menjanjikan untuk dunia entrepreneur, terutama kedai/warung kopi yang makin diminati masarakat.

Lalu bagaimanakah memulai usaha Kedai/ Warung Kopi itu? Gampang.

Usaha kedai/ warung kopi merupakan jenis usaha yang dapat di jadikan sebagai usaha sampingan karena usaha warung kopi sendiri biasanya buka pada pukul 4 sore hingga pukul 10 malam. Namun bagi anda yang ingin menjadikan usaha kopi sebagai pekerjaan utama Anda, maka Anda dapat membukanya mulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 11 malam.

Usaha warung kopi merupakan usaha yang memiliki prospek yang cukup bagus, terlebih jika anda mampu memberikan pelayan maksimal serta rasa kopi yang khas, tentunya ini akan membuat pengunjung betah dan menjadi pelanggan tetap di warung kopi anda.

Nah, bagi anda yang ingin membuka usaha warung kopi/kedai kopi, bisa membaca cara membuka usaha warung kopi di bawah ini.

Tahapan Membuka Usaha Warung Kopi

1. Siapkan Tempat

Tempat menjadi salah satu faktor utama keberhasilan warung kopi anda, karena dengan tempat yang strategis dan mudah di jangkau membuat warung kopi anda ramai di kunjungi konsumen. Usahakan anda membuka usaha warung kopi di pinggir jalan atau dekat dengan tempat umum seperti pasar, mall, pusat perbelanjaan, alun-alun atau taman. Selain itu kebersihan warung kopi anda harus terus terjaga agar konsumen betah saat berada di warung kopi anda. Untuk desain, usahakan mendesain ruangan semenarik mungkin, anda dapat mengambil tema dengan nuasa seperti hallowen, sepakbola, musik atau apapun yang kiranya menarik perhatian.

2. Susun Strategi Usaha

Staregi usaha perlu di lakukan sebelum membuka usaha warung kopi. Jika anda ingin usaha warung kopi anda sukses, maka anda harus mencari strategi yang tepat kiranya dapat membuat pengunjung betah saat sedang mampir ke kedai kopi anda. Yang perlu di perhatikan, pastikan kopi yang anda sajikan memiliki rasa yang khas dan tentunya enak.

3. Rancang Fasilitas Tambahan

Cara ketiga ini saya rasa wajib Anda lakukan jika anda menginginkan konsumen betah berlama-lama di warung kopi anda. Tambahkanlah berbagai fasilitas tambahan seperti televisi, radio atau bahkan jaringan Wifi. Jika anda manambahkan beberapa fasilitas tersebut dapat di pastikan bahwa konsumen akan betah berada di warung kopi anda, terlebih lagi jika sedang musim bola seperti piala dunia, maka warung kopi anda akan ramai bahkan hingga pagi hari.

4. Jangan Lupa Promosi

Promosikan usaha anda kepada orang banyak. Ya, tentu saja hal tersebut wajib anda lakukan jika anda mengingingkan warung kopi anda ramai sejak awal di buka. Anda dapat mempromosikan warung kopi anda melalui selembaran kertas atau brosur yang dapat anda sebar di sekitar rumah Anda. Selain itu ada satu strategi promosi yang dapat anda lakukan ketika baru mendirikan usaha warung kopi, yakni dengan memberikan harga yang terjangkau namun setelah ramai naikkan harga sedikit demi sedikit agar konsumen tidak kabur.

5. Izin Usaha

Jika anda membuka usaha warung kopi dengan jenis usaha yang cukup besar, maka anda perlu mengajukan izin usaha kepada pihak yang berwenang. Karena nantinya izin usaha dapat bermanfaat ketika terjadi masalah yang berkaitan dengan perizinan.

6. Makanan Pendukung

Biasanya warung kopi di lengkapi juga dengan makanan pendukung seperti snack, kerupuk, keripik, gorengan dan jajanan lainnya yang memiliki harga terjangkau.

7. Perhatikan Pelayanan

Cara yang terakhir yang harus di lakukan bahkan wajib di kerjakan ialah memberikan pelayanan yang prima. Dalam artian anda harus memberikan pelayanan yang maksimal karena konsumen adalah raja, contoh mudah yang dapat anda lakukan ialah memberikan 3S yakni Sopan, Senyum dan juga Sapa agar terjadi keakraban di antara penjual dan konsumen.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan sebelum membuka usaha kopi, ingatlah bahwa usaha terbaik yang dapat anda jalankan ialah usaha yang sesuai dengan kemampuan anda, jangan pernah takut gagal sebelum mencoba. Sekian info Cara Membuka Usaha Warung Kopi dan semoga bermanfaat untuk kita semua. (ra)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.26  

0 komentar:

Poskan Komentar